Unsur Pimpinan DPRD Sanggau Apresiasi Kinerja Polisi yang Humanis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, Insidepontianak.com - Kinerja personel polisi, khususnya di Polres Sanggau, mendapat apresiasi positif dari unsur Pimpinan DPRD Sanggau. Pasalnya, dalam penanganan kasus diutamakan pendekatan humanis.

Pendekatan humanis itu, menurut Pimpinan DPRD Sanggau, dapat terlihat ketika polisi di jajaran Polres Sanggau menangani Penambang Emas Tanpa Izin (PETI), Narkoba, dan kasus lainnya.

Karena itu, Pimpinan DPRD Sanggau menginginkan kinerja polisi yang humanis itu tetap terjaga agar masyarakat Sanggau yang beragam dan unik semakin aman dan nyaman.

Melansir dprd.sanggau.go.id, Sabtu (9/12/2023), harapan dan apriasi tersebut disampaikan langsung oleh Pimpinan DPRD Sanggau di hadapan Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah.

Tepatnya, ketika sang Kapolres beserta jajarannya mengunjungi DPRD Sanggau belum lama ini. Pertemuan digelar di Fuang Kerja Ketua DPRD Sanggau dan dihadiri oleh Pimpinan DPRD Sanggau yang terdiri Jumadi, Timotius Yance, dan Acam.

"Saya baru bertugas di Sanggau, tentu harus banyak belajar maupun diskusi dengan rekan kerja terutama sesama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), termasuklah pimpinan DPRD," ucap AKBP Suparno Agus Candra Kusumah.

Kapolres juga meminta saran pendapat demi kelancaran tugasnya dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, serta pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua DPRD Sanggau Jumadi mengatakan bahwa pimpinan DPRD selaku unsur Forkopimda adalah untuk menunjang pemerintahan daerah dalam pelaksanaan urusan pemerintahan umum.

Yakni berorientasi kepada pembinaan, pengembangan, koordinasi, dan penanganan konflik masyarakat di daerah khususnya di wilayah Kabupaten Sanggau.

"Kami sangat apresiasi terhadap Kapolres Sanggau beserta jajarannya dalam penanganan beberapa kasus dengan masyarakat secara humanis dan penanganan kasus-kasus lainnya yang terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau," kata Wakil Ketua I DPRD Sanggau Timotius Yance.

"Seperti baru-baru ini, yakni penanganan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI), kasus Narkoba, dan kasus lainnya," tambahnya.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Sanggau, Acam, selain memberikan apresiasi dirinya juga berharap agar Isu-isu yang lagi booming seperti isu pangorek, penculikan anak, supaya segera diberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Sehingga tidak panik serta tidak termakan oleh isu tersebut. Masyarakat Sanggau beragam dan unik sehingga perlu sosialisasi maupun imbauan serta pemahaman agar masyarakat merasa aman dan merasa terlindungi," ucap Acam.

Kedua pihak pun sepakat untuk saling memberikan masukan maupun saran pendapat pun saling mengingatkan satu sama lainnya. Terutama jika dalam menjalankan tugas terdapat hal-hal yang tidak sesuai ketentuan, terlebih dalam mendorong pembangunan daerah juga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hadir juga dalam pertemuan itu Sekretaris DPRD Ignatius Irianto beserta pejabat lainnya di Sekretariat DPRD Sanggau dan Wakil Kapolres Kompol Novrial Alberti Kombo beserta jajarannya di Pores Sanggau. (REDAKSI)

Leave a comment