Peringati World Clean Up Day 2023, SMAN 2 Sambas Gelar Aksi Nyata Bersih-bersih

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Peringati World Clean Up Day 2023, SMA Negeri 2 Sambas gelar aksi nyata bersih-bersih di Istana Kesultanan Sambas, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema 'Gaya Hidup Berkelanjutan'.

Kegiatan itu digelar oleh SMAN 2 Sambas yang bekerja sama dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Sambas.

Aksi itu dilaksanakan sebagai kampanye peduli kebersihan lingkungan yang diselenggarakan mulai dari halaman lingkungan Masjid Jami, taman dan sepanjang Waterfront Sungai Sambas.

Kepala SMAN 2 Sambas, Ade Sujana mengatakan, aksi tersebut sebagai ajang pelatihan bagi siswa untuk mengasah skill mereka terhadap situasi dan kondisi lingkungan sekitar.

"Siswa SMAN 2 Sambas ini sudah menjalankan kurikulum merdeka belajar, siswa dituntut untuk memberikan kontribusinya untuk berperan dimasyarakat," jelasnya.

Ade Sujana menegaskan, siswa harus peka terhadap isu-isu yang beredar saat ini termasuk lingkungan, agar mereka ikut berkontribusi menyelesaikan masalah sampah.

"Mudah-mudahan saja kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar bukan hanya seremonial belaka, tapi ini akan menjadi membina karakter para pelajar untuk lebih baik kedepannya khususnya terhadap lingkungan," ucapnya.

Kepala Dinas Perkim LH Kabupaten Sambas, Septiza apresiasi kegiatan aksi nyata siswa SMAN 2 Sambas terhadap lingkungan.

Ia mengajak seluruh siswa berkolaborasi dan besinergi untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan terutama dalam penanganan persampahan di Kabupaten Sambas.

"Bagi kami kegiatan ini sangat positif karena untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama sampah, kita harus berkolaborasi harus dilakukan aksi nyata," pungkasnya. (din)***

Leave a comment