DBD di Kubu Raya Tinggi, Bupati Muda Pastikan Penanganannya Serius

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra memastikan serius dalam menanggulangi kasus demam berdarah dengue atau DBD di wilayahnya.

Apalagi, Kubu Raya tercatat sebagai wilayah dengan temuan DBD tertinggi di Kalbar, dengan jumlah 28 kasus, dan satu orang meninggal dunia sepanjang Januari hingga Juni 2023.

Muda menegaskan, langkah-langkah menurunkan kasus ketertularan DBD telah dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan.

“Kami telah melakukan upaya penyemprotan (fogging) di beberapa wilayah Kubu Raya, terutama di daerah pemukiman padat,” kata Muda, Jumat (18/8/2023).

Selain itu, edukasi memberantas sarang nyamuk kepada masyarakat juga terus digencarkan. Pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan menjadi kunci mencegah kasus gigitan nyamuk aedes aegypti penular DBD.

“Maka, masyarakat harus paham pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal, seperti menguras bak mandi dan menimbun kaleng yang dapat menjadi genangan air,” tutur Muda.

Di sisi lain, sosialisasi penanganan cepat dan tepat bagi penderita DBD juga terus dilakukan jajaran Dinas Kesehatan melalui Puskesmas di seluruh kecamatan.

“Jika terjadi demam tinggi yang tiba-tiba turun pada anaknya, harus sesegera mungkin diperiksakan di faskes terdekat. Karena bisa jadi tanda-tanda gejala DBD,” sambungnya. (Greg)***

Leave a comment