Siapkan Jasmani, Calon Jamaah Asal Sanggau Lakukan Senam Haji

28 April 2024 13:52 WIB
Launching Senam Haji yang dilakukan CJH dilaksanakan di Aula Gedung Baznas Kabupaten Sanggau, Minggu (28/2/2024).

SANGGAU, insidepontianak.com -- Calon Jamaah Haji atau CJH se-Kabupaten Sanggau mengikuti Launching Senam Haji Indonesia dan batik haji secara nasional.

Launching Senam Haji yang dilakukan CJH dilaksanakan di Aula Gedung Baznas Kabupaten Sanggau, Minggu (28/2/2024).

Launching Senam Haji ini serentak seluruh Indonesia yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Agama (Kemenag) RI, M. Ali Ramdhani  secara virtual melalui saluran zoom meeting oleh CJH.

Dalam acara tersebut, para calon jamaah haji di seluruh Indonesia dibimbing untuk menghitung denyut nadi masing masing calon jamaah secara mandiri sebelum melakukan senam secara nasional.

Kepala Seksi Pengelenggara Haji dan Umroh Kemenag Sanggau, Muhammad Hasbi mengatakan, sebelum pelaksanaan kegiatan senam sebanyak 111 calon jamaah haji juga dibimbing untuk menghitung denyut nadi masing-masing secara mandiri.

"Tujuan utama dari kegiatan ini salah satunya adalah pesan kepada calon jamaah untuk membiasakan diri dan menjaga kesehatannya," ujar Muhammad Hasbi kepada insidepontianak seusai kegiatan.

Selain itu, kegiatan senam haji ini juga dirangkai dengan pengenalan batik haji nasional. Nantinya batik haji itu bisa jadi identitas jamaah haji sewaktu di Arab Saudi, disamping untuk rasa nasionalisme juga.

Kegiatan senam sehat itu dipandu oleh instruktur senam dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau yang dikomandoi oleh dr. Nabiyun Rahma. 

Rahma Nabiyun berharap kegiatan ini bisa jadi motivasi bagi para jamaah haji asal Kabupaten Sanggau untuk menjaga kesehatan masing-masing. 

"Semoga calon jamaah haji Kabupaten Sanggau dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan senantiasa terjaga kesehatannya mulai dari persiapan ini, di tanah suci, sampai nanti kembali ke tanah air," ucapnya. (ans)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : -

Leave a comment