Pemkab Kayong Utara Siap Laksanakan Arahan HLM TPID dan TP2DD

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara siap melaksanakan arahan dan rekomendasi hasil High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya setelah mengikuti HLM TPID dan TP2DD Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar di Pontianak, Kamis (22/02/2022).

Dalam HLM kali ini, dilaksanakan untuk mengkoordinasikan strategi 4K pengendalian inflasi jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H.

Dikatakan Romi Wijaya, Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengkoordinasikan seluruh kabupaten/kota untuk berkoordinasi dan bersinergi dalam mewujudkan strategi 4K. Meliputi, kelancaran distribusi, ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, dan komunikasi efektif.

“Dan kita Pemkab Kayong Utara siap menindaklanjuti itu semua,” tegas Romi.

Ia pun memastikan, Pemkab Kayong Utara telah menyiapkan beberapa langkah pengendalian inflasi jelang ramadan.

“Seperti gelar pangan murah dan operasi pasar menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dan juga dilanjutkan dengan gerakan tanam serentak beberapa komoditas,” terang Romi Wijaya.

Romi berharap semua pihak dapat bekerja sama dalam penanganan inflasi. Supaya kondisi perekonomian bisa stabil.

“Konsisten berkolaborasi bersama merupakan kunci penanganan inflasi secara efektif sesuai strategi 4K," harapnya.

Berdasarkan hasil HLM TPID dan TP2DD, perkembangan inflasi di Kalimantan Barat Bulan Januari 2024 mencatat inflasi sebesar 0,37% (Mtm dan YtD), sementara inflasi tahun ke tahun (YoY) sebesar 2,75%. Untuk KKU perkembangan realisasi inflasi bulan Januari sebesar sebesar 0,56% (MtM dan YtD), sedangkan inflasi tahun ke tahun (YoY) sebesar 2,50 persen.***

Leave a comment