Dinkes Kayong Utara Dampingi Tenaga Puskesmas Untuk Persiapan Akreditasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, lakukan pendampingan kepada tenaga Puskesmas yang ada di Kabupaten Kayong Utara melalui workshop penggalangan lomitmen di Puskesmas Teluk Batang, Selasa (3/10/2023).

Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK), Agus Aprianto mengatakan, tujuan penggalangan komitmen ini untuk persiapan akreditasi. Juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Puskesmas yang akan disertifikasi.

Lebih lanjut Agus Aprianto menjelaskan, ada sepuluh Puskesmas dan dua klinik di Kabupaten Kayong Utara yang akan dilakukan penilaian oleh tim surveyor pada bulan Oktober hingga Desember 2023.

Kemudian, dikatakannya kunci pencapaian target akreditasi ada pada komitmen seluruh puskesmas tersebut.

"Jadi komitmen yang memiliki mereka (seluruh tim puskesmas) mulai dari kerjasama tim menyiapkan dokumen, melakukan root play dan melakukan semua profit sehingga layanan prima," kata Agus.

Dengan adanya akreditasi ini, puskesmas di Kabupaten Kayong Utara diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan dan mewujudkan produk tingkat layanan Puskesmas.

"Serta memberikan jembatan untuk memperpanjang kerja sama dengan BPJS,” ujarnya.

“Sebab, jika tidak terakreditasi akan putus kerjasama dengan BPJS, dianggap puskesmas tidak melayani dan sebisa faskes yang memberikan layanan," lanjut Agus.

Dikesempatan sama, Plt Kepala Puskesmas Teluk Batang, Nurul Aini berharap di tahun ini puskesmas yang ia pimpin bisa meraih predikat paripurna, meskipun sebelumnya sudah mendapat predikat utama pada tahun 2019 lalu.

Ia memastikan persiapan yang telah dilakukan tim akreditasi Puskesmas Teluk Batang sudah mencapai 90 persen, baik melakukan pembenahan mulai dari sarana prasarana, alur pelayanan, dan memperbaiki sistem layanan untuk mencapai mutu pelayanan di puskesmas menjadi lebih baik.

Terkait dokumen akreditasi, pihaknya juga sudah menyiapkan seperti perencanaan puskesmas (SK Pelayanan, Penilaian Kinerja Puskesmas, Kepuasan Pegawai), survei kepuasan pelanggan, jenis-jenis pelayanan, dan musyawarah masyarakat desa (MMD).

"Satu tahun sebelumnya kami sudah ada persiapan dan di tahun ini kita lakukan peningkatan pembenahan layanan dan untuk finishing keseluruhan. Harapannya semoga masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Teluk Batang bisa mendapatkan layanan yang lebih baik lagi, mudah, dan terjangkau," ucap Nurul.

Sementara itu, untuk sepuluh puskesmas yang akan di akreditasi itu diantaranya, Puskesmas Teluk Batang, Teluk Melano, Matan Jaya, Sukadana, Sungai Paduan, Telaga Arum, Tanjung Satai, Dusun Besar, Pelapis dan Siduk. Sedangkan dua faskes lainnya, yakni Klinik ASRI dan Klinik PT CUS JV.***

Tags :

Leave a comment