Sah! Prabowo Umumkan Gibran Bacawapresnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Prabowo resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presiden atau Bacawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

Prabowo mengumumkan Gibran, usai menggelar rapat bersama dengan para ketua partai Koalisi Indonesia Maju atau KIM, di kediamannya, Kartanegara, Minggu (22/10/2023) malam.

Baca Juga: Khofifah Serukan Santri Jadi Pionir Perdamaian Demokrasi

"Kita telah berembuk secara final. Secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," ucapnya.

Dalam pertemuan itu, hadir Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Adapula Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Ketua Umum Partai Gelora, Anies Mata.

Baca Juga: Gibran Direstui Presiden Jokowi Jadi Bacawapres Prabowo

Ada juga Ketua Umum PBB, AYusril Izha Mahendra, Ketua Umum Partai Garuda, Muhammad Ridha Sabana, Ketua Umum Partai PRIMA, Agus Jabo Priyono, serta para Sekjen masing-masing Parpol.

"Saya rasa itu. Semua menunggu pengumuman ini, dan sekaligus deklarasi ke masyarakat umum," ucapnya.

Oleh karena itu, Prabowo mengatakan, usai deklarasi ini, Koalisi Indonesia Maju akan mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran ke KPU pada 25 Oktober 2023.

"Saya rasa tidak ada pertanyaan lagi. Kita siap maju untuk Indonesia Maju," pungkasnya.

Jokowi Restui Prabowo-Gibran

Presiden Joko Widodo sendiri telah merestui Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawapres Prabowo, sebagaimana rekomendasi Golkar.

"Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui," ucap Jokowi mengutip Antara.

"Karena sudah dewasa, ya jangan terlalu campuri urusannya," lanjutnya.

Baca Juga: Gibran Temui AHY Setelah Dapat Restu Jokowi

Sebagai informasi, KPU telah menetapkan jadwal pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden sejak 19 sampai dengan 25 Oktober 2023.

Adapun partai pengusung bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju atau KIM, terdiri dari enam gabungan partai politik.

Di antaranya PAN, Golkar, Demokrat, Gelora, PRIMA, dan juga partai Garuda. Dengan demikian, kandidat Capres-Cawapres yang akan belaga di Pemilu 2024 sebanyak tiga pasang calon. Mereka adalah, Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran. (andi)***

Leave a comment