Menhub Sebut Terjadi Peningkatan Jumlah Kendaraan dan Angkutan di Jabodetabek

4 Januari 2023 19:58 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat soal pelayanan yang perlu dipersiapkan. Hal itu menyusul, adanya peningkatan jumlah kendaraan dan angkutan di wilayah Jabodetabek.

Berpedoman terhadap data yang dimiliki, terdapat peningkatan tujuh persen untuk mobilitas angkutan menjadi 2,3 kendaraan di wilayah Jabodetabek.

Selaon itu, juga ada peningkatan 6,9 persen untuk pergerakan kendaraan di sekitar Jabodetabek selama Nataru ketimbang tahun lalu.

"Ini tentu jadi satu kebahagiaan tapi juga warning untuk kita, Bahwa jumlah penumpang yang akan ikut dalam konektivitas di Jakarta itu meningkat," tuturnya, dalam Penutupan Posko Angkutan Nataru, Rabu (4/1/2023).

Menhub pun mewanti-wanti soal kesiapan dari para pemangku kepentingan di Jabodetabek, termasuk pada operator pelayanan transportasi di wilayah itu.

Baca Juga: Jelang Nataru, Menhub Budi Karya Sebut Sehari Penerbangan di Soetta Tembus Lebih 1.000 Pesawat

Dirinya pun memprediksi kepadatan dan pergerakan kendaraan dengan skala sebelum pandemi Covid-19 bakal terjadi kembali. Itu berarti bakal ada lonjakan yang lebih tinggi.

"Kita tahu bahwa kesiapan dari kita semuanya relatif tidak, belum maksimal tapi penumpan itu sudah ada kenaikan,” tuturnya.

“Apa yang terjadi 2019 mungkin akan segera terjadi, pak Dirut KAI, kita harus siap-siap pelayanan masyarakat dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Kabupaten Agam Sumbar

Tags :

Leave a comment