Kado Akhir Tahun, PLN Nyalakan Listrik Ratusan Rumah Warga di Desa Nanga Kelibang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Jelang akhir tahun, ratusan rumah warga di Desa Nanga Kelibang, Kabupaten Kapuas Hulu akhirnya nikmati listrik PLN, yang puluhan tahun didambakan.

Penyalaan listrik secara sumbolis telah dilaksanakan pada Kamis (7/12/2023). Kepala Desa Nanga Kelibang, Yusuf Basuki, turut bahagia.

Mewakili Masyarakat Desa Nanga Kebing, ia mengapresiasi PLN yang akhirnya telah mewujudkan harapan masyarakatnya bisa menikmati listrik PLN.

"Terima Kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada PLN, karena telah membebaskan desa kami dari yang dulu gelap, sekarang menjadi desa yang terang benderang. Semoga PLN semakin sukses dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat," ucap Yusup.

Hadirnya listrik PLN, diyakini lebih memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Anak-anak bisa belajar dengan nyaman di malam hari. Dan perekonomian masyarakat pun diyakini akan meningkat.

Firdaus (40), warga Desa Nanga Kelibang, pun telah merasakan dampak positif setelah listrik PLN mengalir di rumahnya. Semua menjadi mudah dan murah.

"Dengan adanya listrik PLN ini, kami tidak perlu lagi bergantung pada cuaca atau musim untuk dapat listrik dir umah, yang sebagian besar masih menggunakan solar panel surya," ungkap Deni.

Ia berharap, semoga listrik yang disalurkan PLN di desanya stabil, aman dan andal. Sehingga masyarakat dapat jauh lebih produktif dibandingkan sebelum adanya listrik PLN.

Sementara itu, General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, mengatakan bahwa keberadaan listrik PLN diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Dalam menerangi Desa Nanga Kelibang, kami telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 5 kms dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,5 kms dengan 1 unit gardu berkapasitas 50 kVA," ujar Jatmiko.

Ia pun berharap, hadirnya listrik PLN di Desa Nanga Kelibang, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Listrik juga diharapkan mampu menopang aktivitas perekonomian, pendidikan serta mendorong perkembangan pada sektor-sektor lainnya.***

Leave a comment