Keseruan Lomba Sampan Bidar di Sungai Sambas Kecil, 150 Tim Adu Cepat

28 April 2024 11:01 WIB
Sebanyak 150 tim loma sampan bidar di Sungai Kapuas Sambas Kecil, bersiap berdayung adu cepat, Minggu (28/4/2024). (Insidepontianak.com/Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com – Lomba sampan bidar yang berlangsung di Sungai Sambas Kecil, Desa Sumber Harapan, Kabupaten Sambas, berlangsung seru, Minggu (28/4/2024).

Ratusan sampan bidar warna-warni berjejer di tengah sungai kapuas. Satu sampan,  didayung delapan orang. Beberapa tim kompak gunakan seragam. Jadi simbol kekompakan.

Para peserta lomba dibagi dua kelompok. Kelompok pertama merupakan tim laki-laki. Sementara kelompok kedua tim perempuan.

Seorang wasit memandu perlombaan menggunakan pengeras suara. Masing-masing tim pun bersiap menunggu aba-aba.

“Tiga, dua, satu…” begitu wasit memberikan aba-aba sebagai tanda, lomba dimulai.

Dengan sigap, setiap tim mengayuh dayungnya secara serempak. Supaya kekuatannya sama.

Dengan begitu, sampan bisa melesat kencang. Sementara, satu orang di belakang, jadi pengemudi. Agar sampan berjalan lurus.

Lomba sampan bidar di Sungai Sambas Kecil yang digelar oleh Pemerintah Desa Sumber Harapan ini, merupakan yang kedua kalinya.

Kepala Desa Sumber Harapan, Aswanto mengatakan, tahun ini, event lomba sampan bidar dilaksanakan sebagai rangakaian perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah. Juga sekaligus promosi kampung tenun, Desa Sumber Harapan.

“Kita pecah rekor lagi, tahun ini 150 tim yang ikut, tahun lalu 122 tim, tahun ini peserta paling jauh dari Kapuas Hulu,” kata Aswanto.

Lomba sampan bidar kali ini memperebutkan hadiah utama berupa uang tunai senilai Rp33 juta.

Aswanto berharap, kemeriahan kegiatan ini bisa sekaligus jadi ajang promosi wisata tenun di desanya, yang turut dipamerkan.

“Biar desa kita dikenal lagi oleh banyak orang, sebagai desa wisata tenun,” pungkasnya. (Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment