BPBD Sanggau Fokus Potensi Bencana

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Kondisi cuaca ekstrim di Kabupaten Sanggau kembali akibatkan banjir dibeberapa wilayah Kecamatan Kapuas.

Budi Darmawan, Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Sanggau, menerangkan pihaknya telah mendapat arahan dari Pj Bupati Suherman untuk fokus memantau potensi bencana yang bisa terjadi.

"Sesuai situasi terkini, arahan dari Pj. Bupati Suherman kita tentu akan maksimal dan fokus memantau potensi bencana yang bisa terjadi kedepan," kata Budi saat diwawancarai.

Seperti diketahui, ancaman bencana alam yang memiliki potensi besar terjadi diwilayah kabupaten sanggau seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan karhutla.

"Yang paling sering menimpa masyarakat kita adalah bencana banjir dan tanah longsor, perkembangan situasi di lapangan terus kita update. Dengan berkoordinasi dengan seluruh forkopimcam sebagai corong informasi dan memudahkan mitigasi," ujarnya.

Budi mengungkapkan, per 18 Februari lalu tinggi muka air (TMA) kembali naik dengan ketinggian 9,45 meter. Namun pantauan terakhir pada Selasa kemarin tingginya turun.

"Di Kecamatan Kapuas sendiri, wilayah kelurahan beringin terpantau sudah ada titik banjir pada lingkungan Pangsuma," katanya.

Budi mengingatkan, masyarakat harus terus waspada terhadap ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja. Dalam minggu-mingu terakhir curah hujan cukup tinggi, kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan . (ans)

Leave a comment