Peringati HGN, Bupati Ketapang Ajak Semua Pihak Entaskan Stunting

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang gelar puncak peringatan Hari Gizi Nasional ke-64, dengan berbagai kegiatan, Sabtu (27/01/2024).

Seperti senam bersama, sarapan pangan lokal, penyuluhan gizi, dan aksi serentak minum tablet tambah darah atau TTD, dan skrining hemoglobin untuk mendeteksi anemia.  

Perayaan puncak HGN itu dibuka oleh Asisten Sekda bidang Administrasi Umum Devy Harinda, mewakili Bupati Ketapang. Juga Diikuti Kepala Dinas Kesehatan, Feria Kowira.

Temanya: “Aksi Bergizi Akbar 3000 Siswi Cegah Stunting”. Bupati Ketapang dalam sambutannya yang dibacakan Devy mengatakan, peringatan HGN ini memang tak terlepas dari isu stunting.

Bupati juga memastikan, upaya pencegahan stunting sudah berjalan dengan kolaborasi melibatkan stakeholder terkait.

Berbagai program yang telah dijalankan diharapkan mampu melakukan pengentasan stunting secara signifikan. Stunting sangat mendesak untuk dituntaskan secara bersama-sama.

"Stunting tidak hanya berdampak pada kondisi fisik anak, tetapi juga pada kesehatan, hingga kemampuan berpikirnya," kata Bupati.

Oleh karena itu, melalui aksi bergizi akbar ini, diharapkan akan timbul keinginan dan kesadaran remaja untuk turut berpartisipasi aktif, dalam mempercepat penurunan stunting.

"Saya harap program ini terlaksana dengan baik dan berkelanjutan di sekolah, serta menginspirasi banyak pihak lain, untuk ikut berkontribusi nyata menurunkan angka stunting," pungkasnya.

Acara puncak HGN ke-64 tersebut secara simbolis dilakukan dengan pelepasan balon ke udara dan foto bersama.

Kegiatan tersebut bertambah meriah karena dihibur dengan penampilan Grub Band asal Kabupaten Ketapang. Selain itu, juga dilakukan pemberian penghargaan fasilitator duta gizi dan lain-lain.***

Leave a comment