Ganjar Komitmen Tingkatkan Peran Indonesia di Dunia Internasional

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berkomitmen meningkatkan peran Indonesia dalam hubungan internasional, sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi kemerdekaan Palestina. Hal tersebut disampaikan dalam ketiga Capres-Cawapres Pemilu 2024, Minggu (7/1/2024) malam.

Debat ketiga mengangkat tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Ganjar mengatakan, politik luar negari adalah alat negosiasi. Tapi kepentingan dalam negeri menjadi yang utama.

"Kita perlu memilih dan memilih apa yang jadi kepentingan masyarakat," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, rakyat perlu lapangan pekerjaan. Karena itulah, investasi harus dilakukan untuk membuka lapangan pekerjaan.

Indonesia kata dia, juga harus berperan meyakinkan membebaskan seluruh bangsa dari penjajahan. Termasuk memperjuangkan kemerdekaan pada Palestina.

"Dengan peran yang besar maka persoalan iklim dapat diselesaikan," terangnya.

Disisi lain, dia berkomitmen membawa kepentingan UMKM ke dunia internasional karena hanya itu yang akan membuat politik luar negeri lebih baik.

"Pertahanan Nusantara bagus diperkuat dan harus masuk pada sistem 5.0 dengan perkuatan anggaran," terangnya.

Disisi lain, persoalan terorisme, narkoba, judi online dan kekerasan seksual harus menjadi perhatian.

"Reformasi kepolisian dan pengembangan siber harus dilakukan. Polisi sebagai pengabdi harus benar-benar melayani,"pungkasnya.(andi)***

Leave a comment