Asisten Bupati Ketapang Heryandi Minta TP-PKK Desa Menggerakan Program Pemberdayaan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com – Asisten 1 Bupati Ketapang Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heryandi melantik Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau TP-PKK desa se-Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Kecamatan Jelai Hulu dan Kecamatan Pemahan, Sabtu (9/9/2023).

Heryandi meminta, TP PKK desa dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Harus bisa menggerakan program pemberdayaan. Agar ketahanan keluarga bisa tercipta.

“Saya berharap TP PKK anda dapat mengemban tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan menjalankannya dengan sepenuh hati dan dedikasi,” pesan Heryandi.

Di momen itu dia tak lupa juga mengingatkan kembali mengenai proyek strategis daerah Kabupaten Ketapang yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ketapang periode 2021-2026 yaitu, melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.

Adapun 10 proyek strategis daerah Kabupaten Ketapang terdiri dari

1. Pembangunan Food Estate dan kawasan agropolitan Kabupaten Ketapang.

2. Kawasan potensial cepat tumbuh (KPCT) Kuala Tolak - Kuala Satong.

3. Optimalisasi bandara Rahadi Oesman.

4. Penataan pelabuhan dan dermaga.

5. Peningkatan ruas jalan kabupaten, pembangunan ruas jalan baru dan jembatan Pawan 6.

6. Pengembangan desa fokus dan desa mapan.

7. Pendirian perguruan tinggi Ketapang.

8. Peningkatan tipe rumah sakit.

9. Pelestarian dan pengembangan budaya daerah.

10. Persiapan pembentukan daerah otonomi baru.

Dalam mewujudkan 10 proyek strategis daerah yang merupakan terjemahan dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, maka seluruh pemangku kepentingan, mulai dari para kepala perangkat daerah, para camat dan para kepala desa, diminta melaksanakannya.

“Seluruh elemen kita harapkan dapat berpartisipasi dan mendukung 10 proyek strategis daerah demi terwujudnya Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” ucapnya.

Menurutnya, di Desa Makmur Abadi ke depannya akan ada wacana pengembangan pembangunan jalan lingkar kabupaten, menghubungkan Teluk Keluang, Pesaguan, Pelang, limpah dan Desa Makmur Abadi.

“Di sini juga direncanakan pembangunan jembatan Pawan 6 yang menghubungkan Desa Makmur Abadi, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, dan Desa Ulak Medang, Kecamatan Muara Pawan,” katanya.

Diharapkan, dengan adanya jalan lingkar kabupaten dan Jembatan Pawan 6 dapat meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat Kabupaten Ketapang.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang diwakili Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Melayu Rayak Norberta Berti Robert mengucapkan selamat kepada Ketua TP PKK Desa yang telah dilantik dan berharap dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab .

“Sukseskan pelaksanaan sepuluh program pokok PKK, berdayakan keluarga sesuai dengan wilayah kerjanya hingga ke tingkat dasa wisma,” pesan Berti.***

Leave a comment