Peringatan HGN dan HUT PGRI ke 77 Jadi Momentum Wujudkan Inovasi dan Transformasi Pendidikan

27 November 2022 19:07 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Ratusan guru di Kota Singkawang mengikuti Upacara peringatan HUT ke 77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 di Halaman Kantor Wali Kota, Jumat (25/11/2022).Peringatan HUT PGRI dan HGN pada tahun ini mengangkat tema ‘Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat Indonesia Maju’.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie selaku inspektur upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia mengatakan peringatan HUT PGRI dan HGN harus dapat menjadi momentum untuk melakukan perubahan dan mengadakan pembaruan di bidang pendidikan ke arah yang lebih baik.

“Hari PGRI dan HGN ini menjadi momentum yang didorong oleh kemauan kita untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus memperbaiki, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan.” katanya.

Baca Juga: Pintu Gerbang Batas Singkawang-Sambas Diresmikan, Bupati Satono: Terima Kasih Astra

Ia mengatakan Kemendikbudristek telah meluncurkan Platform Merdeka Mengajar dan program persiapan calon guru masa depan. Khususnya melalui program transformasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengendapkan metode inkuiri, dan melatih guru melakukan refleksi.

Inovasi lainnya adalah kini perkuliahan PPG jauh lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus, dan masyarakat melalui sistem digital. Semua ini bertujuan untuk melahirkan para pendidik sejati yang profesional dan adaptif, yang terus memprioritaskan kebutuhan peserta didik, dan yang selalu bersemangat untuk berkolaborasi dalam berinovasi.

Ia berharap peringatan HUT PGRI dan HGN tahun ini dapat menjadi waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan kita menuju satu bersama, yakni Pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, mewujudkan inovasi dan transformasi serta memerdekakan.

“Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan kita menuju satu tujuan bersama, yakni pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, dan mendekakan. Terus bentangkan layar kapal besar ini tanpa lelah, dengan serempak dan serentak kami hadirkan inovasi dan transformasi, mewujudkan Merdeka Belajar di seluruh pelosok Nusantara,” sambungnya.

Baca Juga: Pemkot Singkawang Berikan Bantuan Asuransi Ketenagakerjaan Pelaku Usaha Perikanan

Tjhai Chui Mie juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para guru di Indonesia khususnya di Kota Singkawang yang telah memberikan dedikasinya dalam dunia pendidikan. Ia juga berpesan agar semua guru dapat terus bersemangat dan selalu berinovasi dalam memajukan pendidikan sehingga Indonesia menjadi lebih baik di masa depan.

“Terimakasih kepada seluruh guru yang ada di Kota Singkawang, karena tanpa guru saya tidak mungkin bisa menjadi Wali Kota Singkawang. Terus semangat untuk semua guru walau banyak rintangan menghadang, teruslah berinovasi dan menjadi penggerak bagi kemajuan pendidikan sehingga sehingga Indonesia menjadi lebih baik,” tutupnya.

Baca Juga: Buruan Daftar! KPU Singkawang Buka Pendaftaran Penyelenggara Badan Adhoc PPK dan PPS

 

Tags :

Leave a comment