Sebelum Dilantik oleh Bupati Sambas Satono, 53 Kades Terpilih Diarak dengan Tanjidor

27 Desember 2022 15:11 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Hanya di Kabupaten Sambas, 53 orang Kepala Desa atau Kades terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak tahun 2022 di arak dengan tanjidor.

Pelantikan 53 Kades terpilih di Kabupaten Sambas yang diarak dengan tanjidor tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Sambas Satono di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: LINK NONTON The Glory Lengkap Sinopsis: Song Hye Kyo Tampil Berbeda!

Bupati Sambas Satono mengatakan, rangkaian kegiatan pelantikan 53 Kades terpilih di Kabupaten Sambas hari ini memang menggunakan arak-arakan tanjidor.

"Hal itu merupakan salah satu cara kita untuk melestarikan khazanah budaya kita orang Melayu Sambas. Gunanya untuk mempertahankan eksistensi dan menyemangati para Kades yang dilantik," katanya.

Baca Juga: Kapolres Sanggau Cek Pos Nataru 2023 di Empat Kecamatan, Minta Personel Humanis Melayani

Bupati Sambas, Satono menjelaskan, tanjidor merupakan kelompok pemain musik tradisional menggunakan terompet dan gendang. Tanjidor biasanya dimainkan setiap ada kegiatan penting orang Melayu Sambas.

Baca Juga: Maknai Hari Ibu, PIKK PLN Kalbar Gelar Kegiatan Bakti Sosial

"Kalau di Indonesia ini tanjidor disebut sebagai alat musik khas Betawi. Tapi di Sambas Tanjidor juga ada, mirip tapi tidak sama, mulai dari pakaian pemainnya, cara memainkannya ada ciri khas masing-masing," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment