Stok Vaksin Covid-19 di Sanggau Kosong, Vaksinasi Dihentikan Sementara

28 Desember 2022 13:55 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -  Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Sanggau terpaksa menghentikan kegiatan vaksinasi untuk sementara waktu karena stok vaksin Covid-19 kosong.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sanggau, Sarimin Sitepu mengatakan stok vaksin Covid-19 mulai habis sejak Senin 26 Desember 2022. Maka sejak tanggal itu, kegiatan vaksinasi terhenti.

Baca Juga: Wisata Alam Bukit Macan Sanggau: Suguhkan Pemandangan Sungai Kapuas dari Ketinggian dengan Hutan Belantara

"Dan kita sudah mengajukan permintaan vaksin Covid-19 ke pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi, supaya kegiatan vaksinasi bisa berjalan kembali," ujar Sarimin, Rabu (28/12/2022).

Ia menegaskan, meskipun pandemi sudah mereda dan tidak ditemukan kasus baru Covid-19 di Sanggau, Sarimin memastikan pelaksanaan vaksinasi masih akan terus dilaksanakan.

Baca Juga: 11 Narapidana di Rutan Sambas Dapat Remisi Natal 2022

"Masih (vaksinasi Covid-19), tapi saat ini vaksin kita sudah kosong," tuturnya.

Sarimin mengatakan, Kabupaten Sanggau saat ini masih menempati urutan kedua cakupan vaksinasi di Kalbar, yaitu berada di angka 77,81 persen.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Cak Imin Minta Pemerintah Jaga Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan

Sementara di urutan pertama masih ditempati Kota Pontianak dengan cakupan vaksinasi mencapai 80,26 persen.

Ia merincikan, sejak vaksinasi dimulai hingga saat ini, sebanyak 324.022 orang di Kabupaten Sanggau telah menerima vaksinasi dosis pertama atau berada di angka 81,3 persen.

Baca Juga: Inilah Tiga Modus Penyeludupan Narkoba di Lapas dan Rutan Kalbar yang Berhasil Digagalkan Sepanjang 2022

Sedangkan, vaksin dosis kedua telah diberikan kepada 295.960 orang atau berada di angka 74,3 persen.

"Untuk vaksin dosis ketiga telah diberikan kepada 56.857 orang ada capaiannya di angka 14,27 persen. Sementara vaksin dosis keempat telah diberikan kepada 1.139 tenaga kesehatan dan 19 orang kelompok lansia," pungkasnya.

Sarimin berharap, pemerintah pusat segera mengirimkan stok vaksin Covid-19 ke Kabupaten Sanggau supaya kegiatan vaksinasi bisa kembali dilanjutkan.***

Tags :

Leave a comment