Yeremias Marselinus Soroti Fasilitas Ambulans Puskesmas Belum Memadai

5 April 2024 16:15 WIB
Yeremias Marselinus, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau

SANGGAU, insidepontianak.com -- Yeremias Marselinus, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau soroti ketersediaan fasilitas mobil ambulans pada sejumlah puskesmas di Kabupaten Sanggau yang dinilai belum memadai.

Dikatakan Yeremias Marselinus, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, ketersediaan fasilitas kendaraan untuk membawa pasien dari puskesmas yang ada di kecamatan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sangat penting.

Mengingat kebanyakan, jarak menuju RSUD dari kecamatan relatif jauh dan melihat kondisi di lapangan, ditegaskan Yeremias Marselinus, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, minimal satu puskesmas harus ada dua mobil ambulans milik puskesmas yang bisa beroperasi dengan baik.

Sehingga mampu memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat.

"Minimal satu puskesmas itu harusnya ada dua, seharusnya, kalau mampu tiga lebih baik," kata Yeremias kepada insidepontianak.com belum lama ini.

Namun kenyataan di lapangan, soal ketersedian mobil ambulans ini belum bisa maksimal melayani masyarakat, kata Yeremias yang juga Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Sanggau.

Yeremias mencontohkan, di Kecamatan Mukok masyarakat kebanyakan bingung ketika sakit dan harus rujuk ke RSUD karena jalan begitu rusak dan ambulans tidak tidak ada di sana.

"Seperti misalnya di Kecamatan Mukok, dengan kondisi jalan yang begitu rusak dan juga tidak ada ambulans, saat mereka sakit dan harus rujukan ke Rumah Sakit mereka bingung," kata Yeremias memberikan contoh.

Sama halnya juga di Desa Bantai, Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau yang mana mobil ambulans milik Puskesmas yang belum bisa mengakomodir masyarakat di sana.

Selama ini mereka hanya mengandalkan ambulans milik Desa untuk membawa pasien yang harus rujuk ke RSUD.

Yeremias berharap, kedepan persoalan kesehatan di setiap Kecamatan harus ditata dengan baik. Selain tenaga kesehatan fasilitas penunjang berupa mobil ambulans menjadi hal yang penting, guna memberikan pelayanan yang maksimal dan layak kepada masyarakat.

"Untuk kedepan saya berharap Kepala Dinas Kesehatan menghitung jumlah kebutuhan akan kendaraan yang akan diberikan kepada setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Sanggau. Agar supaya ini bisa baik dan layak kita memberikan pelayanan kesehatan kepada rakyat," ujar Yeremias. (ans)

Leave a comment