Ani Sofian: Operasi Pasar Murah di Kantor Camat Pontianak Barat Ringankan Warga Rayakan Lebaran

5 April 2024 10:47 WIB
Pj Walikota Pontianak Ani Sofian saat memantau Operasi Pasar Murah digelar Pemkot Pontianak i

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ratusan warga di halaman Kantor Camat Pontianak Barat menyerbu Operasi Pasar Murah yang digelar Pemkot Pontianak bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalbar, Perum Bulog Divre Kalbar, Bank Kalbar, Perumda BPR Khatulistiwa Pontianak dan sejumlah perusahaan swasta, Jumat (5/4/2024).

Warga di halaman Kantor Camat Pontianak Barat rela mengantre untuk membeli berbagai kebutuhan pokok yang dijual lebih murah dari harga pasaran di Operasi Pasar Murah yang digelar Pemkot Pontianak.

Di lokasi Operasi Pasar Murah yang digelar Pemkot Pontianak di Kantor Camat Pontianak Barat, warga membludak untuk mendapatkan minyak goreng dan gula pasir. 

Betapa tidak, minyak goreng ukuran 1 liter dan gula pasir 1 kilogram masing-masing dibanderol dengan harga Rp10 ribu.

Sementara, di waktu bersamaan, pasar murah juga digelar di halaman Kantor Camat Pontianak Timur. 

Di sini, bahan pokok yang banyak dibeli warga antara lain telur dan beras. Harga telur satu paket isi 10 butir dibanderol Rp15 ribu. 

Pasar murah ini menyediakan berbagai komoditi seperti beras, telur ayam, gula pasir, tepung, minyak goreng, sayur dan berbagai bahan pokok lainnya. Beberapa di antaranya dijual dalam bentuk paket dengan harga bervariasi sesuai dengan isi paket.

Melihat antusias warga yang begitu tinggi, Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menilai kehadiran pasar murah ini memang sangat dibutuhkan oleh warga, terlebih menjelang perayaan Idulfitri yang tinggal menghitung hari. 

Memang diakuinya, telur, minyak goreng, gula pasir dan beras paling banyak diminati warga karena harga yang begitu murah.

“Kita berharap adanya pasar murah ini dapat meringankan beban warga di saat menjelang lebaran,” ujarnya usai menyerahkan secara simbolis beras kepada warga yang berbelanja di pasar murah.

Untuk memudahkan warga membeli berbagai kebutuhan pokok yang tersedia di pasar murah, warga bisa langsung datang ke lokasi pasar murah tanpa perlu menggunakan kupon. 

“Warga yang ingin berbelanja berbagai bahan pokok, datang langsung ke lokasi pasar murah dan bisa langsung membeli barang yang dibutuhkan,” ungkap Ani Sofian.

Fatma Sauki (60), satu di antara warga yang berbelanja di pasar murah di halaman Kantor Camat Pontianak Timur mengatakan, dirinya mengetahui adanya pasar murah ini dari informasi tetangga. Warga Jalan Padat Karya ini membeli satu paket telur isi 10 butir seharga Rp15 ribu dan paket mie instan.

“Kalau dibandingkan dengan harga di pasaran, memang barang-barang yang dijual di pasar murah ini jauh lebih murah dan ini sangat membantu saya untuk menyambut lebaran,” ucapnya.

Selain membantu meringankan warga, kegiatan operasi pasar murah ini digelar Pemkot Pontianak dalam rangka menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok pada bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri. Selain itu pula dalam rangka mengendalikan inflasi di Kota Pontianak. *

Leave a comment