Hasil Fancam Saat Konser Jelek? Ikuti Panduan 4 Tips Merekam Acara Konser Agar Bagus Berikut Ini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sudah menjadi masalah tersendiri ketika hasil fancam terlihat jelek. Untuk mengantisipasinya, cobalah ikuti 4 tips merekam acara konser yang akan dijabarkan pada pembahasan kali ini.

Melalui keterangan 4 tips merekam acara konser ini, kamu tidak akan merasa kesulitan lagi saat hendak mengabadikan momen acara musik. Sebab, dengan tutorial tersebut hasil fancam yang bakalan diproduksi terlihat lebih bagus.

Walaupun posisimu cukup jauh dari panggung utama, 4 tips merekam acara konser ini akan memberikan panduan yang lebih mudah. Sehingga, jarak yang cukup jauh bukan lagi masalah supaya hasil fancam tampak jernih.

Bagi concert goers, ritual merekam momen unik yang sedang berlangsung sudah menjadi kewajiban tersendiri. Sehingga, mereka bersusah paya mencari angle pas agar video fancam mendapat pujian dari teman saat dibagikan di sosmed.

Hasil rekaman pada acara konser sendiri ini senyatanya dikenall dengan fancam. Secara istilah, kosakata tersebut merupakan pengertian dari rekaman suatu cuplikan acara performa musik tentang sosok idola atau grup band yang digemari.

Hampir keseluruhan concert goers melakukan hal itu. Mereka ingin menunjukkan kepada teman-temannya di media sosial, ketika sedang berada di acara musik yang sedang diminati.

Sayangnya, beberapa kendala kerap menghantui ketika hendak melakukan fancam. Adakalanya hasilnya lebih gelap daripada yang telah diekspektasikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah simak pembahasan 4 tips merekam acara konser agar lebih bagus yang akan dibagikan. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Pakai Resolusi Kamera Tinggi.

Tips pertama yang wajib dilakukan adalah membawa ponsel dengan fitur kamera beresolusi tinggi. Dengan bantuan lensa ini, suasana konser akan tampak lebih jelas.

Selain itu, idola yang sedang menunjukkan kebolehan di atas panggung juga akan tertangkap oleh rekaman video atau foto dengan resolusi lebih terang.

  1. Kunci Fokus.

Meski sudah membawa kamera ponsel dengan resolusi tinggi, akan tetapi tidak pernah membidik idola dengan tepat hasilnya juga akan terlihat jelek.

Oleh sebab itu, fitur penguncian fokus tidak bisa dilakukan. Untuk melakukannya tergantung jenis ponsel yang dijadikan perekam video.

Lumrahnya, silahkan tekan layar pada objek yang hendak direkam. Setelah itu akan muncul ikon kotak atau lingkaran dengan logo gembok. Tekanlah gembok tersebut hingga lingkaran tersebut berwarna kuning.

Setelah itu, pastikan idola yang sedang disorot oleh kameramu terus berada di lingkaran atau kotak kuning tersebut. Hal ini bertujuan fitur fokus bekerja maksimal.

  1. Turunkan Tingkat Pencahayaan.

Pada sebagian kasus, pencahayaan sekitar akan mempengaruhi daya rekam dari sebuah kamera. Tidak heran kemudian bila hasilnya akan berupa pembiasan cahaya, sedangkan wajah dari idola tidak dapat dilihat dengan jelas.

Untuk menurunkan tingkat pencahayaan, caranya cukup sama dengan pengunci fokus. Tekan dan tahan sampai keluar lingkaran atau kotak dengan ikon matahari atau lampu di sampingnya.

Geserlah ikon lampu atau matahari tersebut ke atas-bawah, atau pada sebagian ponsel menyamping. Sehingga, tingkat pencahayaan akan meredup.

  1. Merekam dengan Mode 1080P atau 4K.

Tips yang terakhir yakni usahakan merekam dengan frame rate tertinggi dari ponselmu. Biasanya handphone kekinian menyediakan fitur 4K dengan frame rate 30 fps.

Dengan begitu, suasana konser dan idola yang sedang berada di atas panggung dapat diabadikan dengan hasil lebih jernih.

Demikianlah pembahasan mengenai panduan 4 tips merekam acara konser agar terlihat lebih bagus. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment