Pastikan Dapat Pelayanan Terbaik, Pj Gubernur Kalbar Kunjungi RS Soedarso

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dalam beberapa bulan terakhir, Kalbar mengalami lonjakan pada kasus DBD.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Kalbar Harisson  berharap pemerintah daerah di seluruh Kalbar dapat mengantisipasi dengan melakukan aksi terhadap pembersihan lingkungan.

Iapun mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedarso.

Tampak Pj Gubernur dan Pj Ketua TP-PKK Kalbar dengan didampingi Direktur RSUD dr. Soedarso Harry Agung Tjahyadi berbincang dengan orang tua pasien dan memastikan bahwa anak-anak yang terkena DBD ini mendapatkan pelayanan yang baik.

"Saya kesini ingin melihat langsung Pelayanan Rumah Sakit dr. Soedarso, juga melihat pasien-pasien demam berdarah, terutama pasien anak," jelasnya.

Iapun ingin memastikan bahwa pasien-pasien ini benar-benar dirawat dengan baik, dan ia sudah melihat bahwa rumah sakit sudah melakukan pelayanan dengan sangat baik.

Kasus demam berdarah memang sekarang sedang meningkat di Kalbar. Terdapat beberapa daerah malah yang tingkat kematiannya sudah di angka 4 (empat) persen, dan nantinya seluruh Pemerintah Daerah benar-benar melakukan langkah-langkah untuk melakukan pengendalian terhadap DBD ini dengan melakukan kegiatan gotong-royong.

"Termasuk pemberantasan sarang nyamuk dan pembersihan lingkungan," harapnya kepada seluruh stakeholder.

Dirinya kembali meminta kepada seluruh pemerintah daerah juga terhadap rumah sakit yang dapat mempersiapkan fasilitas rumah sakit dan memberikan pelayanan yang terbaik.

"Disisi lain kita memang harus mempersiapkan rumah sakit, agar pelayanan dapat dilakukan dengan baik terhadap pasien-pasien DBD," ujarnya.

Harisson juga meminta Dinas Kesehatan Kalbar untuk terus melakukan penyuluhan atau melaksanakan promosi kesehatan terkait DBD ini kepada masyarakat dan memberitahukan tanda-tanda gejala pada kasus DBD.

Untuk Dinas Kesehatan juga diimbau harus terus melakukan promosi kesehatan, penyuluhan, memberitahukan kepada masyarakat jika di rumah ada yang menderita demam berdarah dengue, mereka harus mengenali tanda-tanda bahaya.

"Artinya kalau tanda-tanda bahaya ini timbul maka harus secepatnya dibawa ke rumah sakit, jangan sampai dibawa ke rumah sakit itu sudah dalam keadaan kondisi yang berat, sudah mengalami shock sehingga nanti bisa tidak tertolong," kata Harisson.

Terkait kasus DBD di Kalbar, Pj Gubernur memperhatikan banyaknya anak-anak di usia sekolah yang terkena penyakit DBD, maka dari itu dirinya mengajak kepada seluruh stakeholder maupun Jajaran Sekolah untuk memperhatikan lingkungan di Sekolah.

Mantan Kadinkes Kalbar ini memperhatikan pada saat pandemi Covid-19, kasus DBD ini bisa dikatakan tidak ada, namun setelah pandemi covid-19 menjadi endemi dan anak-anak kembali ke sekolah ternyata kasus DBD ini meningkat.

"Untuk itu sebenarnya penting bagi kita untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (fogging atau pengasapan) dan juga harus diperhatikan secara khusus di sekolah-sekolah," tuturnya.

Selain mengunjungi pasien DBD, Pj Gubernur Harisson juga mengunjungi pasien yang telah menjalani operasi jantung terbuka atau operasi bypass jantung (tindakan bedah yang bertujuan untuk mengatasi penyakit jantung koroner).

Seperti diketahui bahwa RSUD dr. Soedarso resmi menjadi rumah sakit rujukan penyakit jantung di Kalbar.

"Ini udah pasien ke-10, kita (RSUD dr. Soedarso) melakukan operasi jantung. Operasi bypass jantung ini sudah dua hari dilakukan terhadap dua pasien dan saya lihat tadi pasien yang sudah dilakukan operasi kemarin itu sekarang sudah bisa tersenyum, sudah bisa ngobrol, dalam keadaan baik semoga lekas pulih. Dan satu pasien lagi baru tadi siang di operasi juga dalam keadaan stabil dan mudah-mudahan juga nanti sudah sadar kembali dan kembali sehat," ucapnya mendoakan pasien agar pulih kembali.

Dirinya juga mengapresiasi tim dari RSUD dr. Soedarso dan RS. Jantung Harapan Kita yang telah maksimal dalam melayani para pasien.

"Pemprov. Kalbar berterima kasih kepada tim dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita dan juga teman-teman dari RSUD dr. Soedarso, Direktur RSUD dr. Soedarso yang telah mempersiapkan dalam hal ini yang pertama, operasi jantung ini berjalan dengan lancar, dan yang kedua pelayanan kepada pasien-pasien DBD juga sudah berlangsung dengan sangat baik," tutupnya.

Harisson bersama Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalbar Windy Prihastari Harisson menjenguk pasien anak yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dalam kesempatan ini, Pj Ketua TP-PKK Kalbar memberikan  bingkisan penyemangat agar anak-anak yang terkena penyakit DBD ini pun dapat tersenyum dengan harapan anak-anak ini pulih kembali seperti biasa. ***

Leave a comment