267 Pejabat Eselon dan Fungsional Pemkab Kayong Utara Ikut Pemetaan Kompetensi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Sebanyak 267 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, mengikuti pemetaan potensi dan kompetensi di Gedung Balai Praja, Selasa (31/10/2023).

Mereka merupakan pejabat administrator, pengawas, dan pejabat fungsional jenjang muda dan madya.

Pj Sekda Kayong Utara, Erwin Sudrajat mengatakan, kegiatan ini untuk mengukur kompetensi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

“Ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa kita memiliki pegawai yang berkualitas dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada," kata Erwin Sudrajat.

Pemetaan kompetensi ini digelar dari 31 hingga 2 November 2023. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa mengevaluasi potensi dan kompetensi PNS secara obyektif.

"Saya yakin, dengan upaya bersama, kita dapat menciptakan aparatur yang lebih baik dan lebih kompeten," timpalnya.

beberapa metode digunakan dalam kegiatan pemetaan potensi dan kompetensi ini yaitu assessment center, wawancara, penilaian kinerja, tes pengetahuan dan keterampilan, penilaian 360 derajat, portofolio kerja, pemanfaatan lapangan dan uji simulasi.

"Pemilihan metode tersebut dapat bervariasi tergantung pada tujuan, skala, dan sumber daya yang tersedia,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan pemetaan potensi dan kompetensi kali ini Pemerintah Kabupaten Kayong Utara bekerjasama dengan pusat penilaian kompetensi ASN BKN Jakarta menggunakan metode tes pengetahuan dan keterampilan melalui computer assisted competency test (CACT). 

Dengan sistem itu, dipastikan prosesnya transparans, sehingga bias menjadi rujukan dalam pengelolaan sumber daya manusia dan pengambilan keputusan.

"Hal ini juga dapat membantu dalam memastikan bahwa promosi dan pengangkatan PNS didasarkan pada meritokrasi dan bukan nepotisme atau kebijakan yang tidak objektif," jelas Erwin.***

Leave a comment