Sukiryanto Daftar Calon Bupati Kubu Raya ke Golkar, Berpeluang Duet Bareng Sujiwo

4 Mei 2024 19:30 WIB
Anggota DPD RI, Sukiryanto mengembalikan berkas pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati Kubu Raya ke Golkar, Sabtu (4/5/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPD RI, Sukiryanto ikut ramaikan bursa pencalonan kepala daerah, dengan mendaftar ke Partai Golkar, sebagai Bakal Calon Bupati Kubu Raya. 

Ia resmi mengembalikan berkas pendaftaran ke Kantor DPD Golkar Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, pada Sabtu (4/5/2024) siang.

Berkas pendaftarannya pun telah diterima oleh perwakilan tim penjaringan bakal calon kepala daerah DPD Golkar Kalbar, Mustafa MS. Sebelumnya, ia juga sudah mendaftar di PDI Perjuangan.

Sukiryanto menegaskan, keputusannya mendaftar lewat jalur partai politik, merupakan bentuk keseriusannya agar dapat memperoleh tiket untuk diusung sebagai calon bupati di Pilbup Kubu Raya. 

"Mudah-mudahan ikhtiar politik ini mendapat hasil yang baik di survei, sehingga saya dapat diusung," harapnya.

Niatnya ikut Pilkada Kubu Raya karena ingin memperjuangkan aspirasi masyarakat. Sukiryanto tokoh Madura Kalbar. Di Kubu Raya, populasi masyarakat Madura cukup besar. 

"Tentu harapan saya bisa mewakili masyarakat saya (Madura) di Kubu Raya yang notabene 33 persen," ucapnya. 

Sukiryanto mengklaim punya hubungan baik dengan Golkar. Sebab pernah tercatat sebagai kader jauh sebelum ia memutuskan bergabung ke PDI Perjuangan. 

Karena itu, ia berharap Golkar memberinya tiket maju sebagai Calon Bupati Kubu Raya. Di samping itu, dia juga membidik tiket PPP. 

Soal sosok wakil, Sukiryanto belum memutuskan. Sebab, masih membangun komunikasi dengan tokoh-tokoh yang berpeluang maju. Termasuk dengan Wakil Bupati Kubu Raya, periode 2019-2024, Sujiwo. 

"Kalau diizinkan berkoalisi boleh saja dengan beliau (Sujiwo). Karena jujur yang mengajak saya dan merayu saya ke PDI Perjuangan Pak Jiwo. Dan kalau kami bisa berpasangan lebih asyik," ucapnya. 

Sebagaimana diketahui, Sukiryanto juga mencoba peruntungan pada Pileg 14 Februari 2024. Ia Caleg DPR RI Dapil Kalbar I dari PDIP. Namun dia gagal masuk Parlemen Senayan. 

Anggota Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPD Golkar Kalbar, Mustafa MS mengucapkan terima kasih kepada Sukiryanto yang sudah mendaftar di Golkar sebagai Bakal Calon Bupati Kubu Raya. 

"Mulai Senin untuk Kubu Raya, tim survei sudah mulai survei di lapangan, Pak Haji Sukiryanto penutup yang daftar," terangnya. 

Mustafa berharap, Sukiryanto yang sebelumnya merupakan kader Golkar dapat masuk lima besar di survei, sehingga dapat diusung sebagai kandidat calon kepala daerah di Pilbup Kubu Raya. (Andi)***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment