Sepekan Hilang, Tim SAR Hentikan Pencarian Nelayan di Perairan Sungai Sambas Besar

4 Mei 2024 11:25 WIB
Tim SAR menyisir Sungai Kapuas Sambas Besar mencari nelayan bernama Sukardi (58) yang hilang sejak Sabtu (27/4/2024). Hingga saat ini korban belum berhasil ditemukan. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com – Pencarian nelayan bernama Sukardi, yang dilaporkan hilang di Sungai Sambas Besar sudah memasuki sepekan, dan belum membuahkan hasil.

Karenanya, tim SAR gabungan memutuskan, untuk sementara, operasi pencarian tersebut dihentikan.

“Setelah melakukan evaluasi bersama keluarga korban dan pihak terkait lainnya, pencarian untuk sementara kami hentikan,” kata Kepala Kantor SAR Pontianak, I Made Junetra, Sabtu (4/5/2024).

Menurutnya, keputusan ini sudah sesuai dengan regulasi dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, dan fakta di lapangan bahwa belum ditemukan jejak keberadaan korban.

Made memastikan, upaya pencarian selama sepekan oleh tim SAR gabungan telah dilakukan dengan maksimal.

“Setiap harinya area pencarian kami perluas, dan telah mencapai tujuh nautical mile. Akan tetapi usaha ini belum menemui hasil,” katanya.

Kendala yang dialami dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan kali ini, karena tidak pastinya lokasi terakhir korban jatuh.

“Melihat posisi terakhir korban yang belum pasti, artinya korban diperkirakan terjatuh sejak berangkat dari Pelabuhan Tebas hingga Pelabuhan Penjajap,” ucapnya.

Menurut Made, rentang jarak tersebut cukup luas yang mengakibatkan tim SAR gabungan kesulitan menentukan titik awal pencarian.

Pencarian terhadap korban bukan bisa dilakukan kembali jika terdapat tanda-tanda keberadaan korban.(Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment