Gonjang-Ganjing Isu Foto Pertemuan Pimpinan KPK dan Mantan Mentan SYL yang Terlibat Korupsi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebuah foto pertemuan antara Pimpinan KPK, Firli Bahuri dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (YSL) mendapat perhatian dari banyak kalangan.

Pasalnya, terdapat dugaan korupsi dalam bentuk pemerasan jabatan oleh Pimpinan KPK terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo. Kasus ini sedang ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Hingga kini, kasus dugaan korupsi berupa pemerasan jabatan, yang melibatkan Pimpinan KPK dengan Mentan SYL semakin menguat lantaran terdapat foto keduanya sedang melakukan pertemuan.

Foto yang memperlihatkan Ketua KPK, Firli Bahuri dengan Mentan, Syahrul itu terjadi di dalam lapangan bulutangkis di kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Keduanya terlihat sedang duduk santai, sambil mengenakan outfit baju olahraga. Foto ini dikaitkan publik dengan dugaan kasus pemerasan yang melibatkan Kementerian Pertanian dan KPK.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyatakan bahwa pihaknya tengah mendalami foto tersebut dalam kegiatan penyidikan.

"Terkait dengan foto yang beredar, seputar pertemuan yang terjadi, juga telah direkomendasikan dalam pelaksanaan gelar perkara yang dilakukan pada Jumat 6 Oktober 2023 di ruang gelar perkara Bagwassidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk mendalami lebih lanjut di tahap penyidikan nantinya terkait dengan temuan dokumen foto dimaksud," terangnya, pada Sabtu (7/10).

Sebelumnya diketahui, bahwa dugaan pemerasan jabatan antara salah satu Pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo sudah beranjak ke babak baru. Statusnya kini telah dilimpahkan dalam perkara penyidikan.

Hal itu lantaran petugas yang berwenang telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Mentan. Serta, terdapat lima orang yang dimintai keterangan. Salah satunya SYL ikut dimintai keterangan.

"Dari hasil pelaksanaan gelar perkara dimaksud, selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status penyelidikan ke tahap penyidikan terhadap dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan," ucap Safri.

Pihak Polda Metro Jaya sendiri belum mengungkapkan siapa yang dimaksud dengan Pimpinan KPK yang melakukan pemerasan jabatan. Namun, publik sudah berspekulasi terhadap Firli lantaran foto itu.

Di lain kesempatan, Firli secara tegas menyangkal bahwa dirinya bertemu dengan SYL saat kasus korupsi di lingkungan Kementan sudah memasuki tahap penyelidikan.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, Purnawirawan Polri ini menyebut bahwa foto di lapangan bulu tangkis ini terjadi pada bulan Maret 2022 silam.

Sedangkan penyelidikan yang dilakukan KPK di bawah Kementerian Pertanian berlangsung sejak awal Januari 2023. Berdasarkan ini, Firli menyatakan tidak pernah bertemu tatkala kasusnya sedang bergulir.

"Perkara di Kementerian Pertanian ini mulai masuk ke tahap Penyelidikan oleh KPK pada sekitar Januari 2023. Sedangkan pertemuan di Lapangan Bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, Sdr. Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai- ramai ditempat terbuka," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (9/10).

Setelah itu, dia menduga mencuatnya foto mereka berdua lantaran dilakukan oleh sekelompok orang tertentu. Firli berspekulasi bahwa para koruptor tengah mencoba menjatuhkan martabat KPK.

"Begitu banyak perkara korupsi yang sedang diselesaikan KPK. Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yang kita kenal dengan istilah when the corruptor strikes back, namun kami pasti akan ungkap semua," ujarnya.

Di akhir keterangan tersebut, Firli meminta kepada segenap masyarakat tidak tergiring opini. Dia juga menegaskan, bahwa KPK tetap berkomitmen untuk menidak segala upaya korupsi yang terjadi di Indonesia.

"Kami menyadari, pemberantasan korupsi adalah upaya yang penuh tantangan. Namun KPK tetap berkomitmen untuk terus fokus dalam proses penegakan hukum ini, sebagai salah satu upaya untuk mendukung perwujudan tujuan bernegara, bangsa Indonesia yang maju, adil, makmur, dan sejahtera," pungkasnya.

Foto yang memperlihatkan Pimpinan KPK ini dengan mantan Mentan, SYL semakin kuat. Lantaran kasus pemerasan jabatan antara dua institusi itu telah naik ke tahap penyidikan di Polda Metro Jaya. (Dzikrullah) ***

Leave a comment