Mentan Syahrul Yasin Limpo Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi Saweran Pejabat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo punya tagline 'Gerakan Perubahan untuk Pertanian Indonesia Maju, Mandiri, Modern' di profil media sosial X miliknya. Namun sayang, namanya trending karena kasus korupsi saweran pejabat.

Mentan Syahrul Yasin Limpo jadi sorotan publik karena ditenggarai menerima upeti rutin ratusan juta rupiah dari pejabat eselon I dan II yang dicatat sebagai perjalanan dinas.

Terpantau di kolom trending X, tagar Syahrul Yasin Limpo ditanggapi sebanyak 3.710 pengguna media sosial atas kasus korupsi saweran pejabat tersebut.

KPK sendiri bahkan telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka kasus korupsi saweran pejabat, dan seperti yang dilansir dari berbagai sumber, kediaman Mentan periode 2019-2024 ini juga telah digeledah KPK pada Kamis, 28 September 2023.

Sebagai informasi, KPK juga telah menetapkan 3 tersangka terkait kasus ini, dan salah satunya adalah nama Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Kabar terbaru menyebutkan saat penggeledahan, rupanya Mentan Syahrul Yasin Limpo ini sedang tidak berada di kediamannya, namun disebutkan dia sedang berada di Roma, Italia.

Kasus ini menambah daftar nama Menteri dalam pusaran korupsi, sebelumnya Menteri Kominfo, Johnny G Plate, dan beberapa hari lalu, nama Menpora Dito Ariotedjo juga terseret kasus korupsi, dan terbaru pada Jumat (29/9/2023), nama Mentan Syahrul Yasin Limpo yang terungkap.

"Dhuerr! Syahrul Yasin Limpo menteri pertanian dari Nasdem dikabarkan sudah jadi tersangka KPK. Sebelumnya menteri Kominfo Johnny G Plate dari Nasdem juga sudah jadi tersangka," cuit akun Dumdum di X.

Salah satu pengguna media sosial X dengan akun Habib Selow juga menanggapi tagar Syahrul Yasin Limpo ini di cuitannya, dia menyebutkan jika saudara-saudara Syahrul dengan nama belakang Limpo sebelumnya juga terjerat kasus korupsi.

“Saudara-saudaranya ditangkap juga karena korupsi. 1. Haris Yasin Limpo: Korupsi PDAM, ancaman hukuman 20 tahun penjara, 2. Dewie Yasin Limpo: Korupsi anggaran pembangkit listrik dihukum 6 tahun penjara, kini Syahrul Yasin Limpo jadi tersangka korupsi di lingkungan kementan,” cuitnya.

Kolom trending X terkait Mentan Syahrul ini juga banyak mengungkap sisi-sisi lain saat penggeledahan yang dilakukan KPK di kediamannya. Mulai dari koleksi motor Harley yang dimiliki Syahrul hingga mengulik tentang sebuah boks yang diduga merupakan mesin penghitung uang yang diangkut oleh KPK sebagai barang bukti.

Disebutkan juga KPK melakukan penggeledahan di kediaman Syahrul sejak Kamis, dan telah berjalan selama 12 jam. Bahkan kabarnya penggeledahan juga masih berlangsung hingga Jumat, 29 September 2023.

Pengguna media sosial dengan akun Am bahkan mengaku dalam cuitannya sangat menyesalkan jika terjadi korupsi di 2 kementerian, salah satunya di Kementan dan di Kemensos.

“Jujur Manda kesal dan marah banget jika terjadi korupsi di 2 kementerian, kementan dan kemensos, karena 2 kementerian ini sangat berkaitan dengan kelas bawah,” ungkapnya. (Adelina). ***

Leave a comment