Semarak, Pawai 1 Muharram di Pontianak Diikuti Ribuan Peserta

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ribuan orang ikut meramaikan pawai ta'aruf peringatan tahun baru islam, 1 Muharram 1445 Hijriah di Kota Pontianak, Rabu (19/7/2023) pagi.

Peserta pawai ini terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, instansi pemerintah, komunitas, hingga masyarakat umum.

Mereka berjalan kaki berkeliling kota. Dengan mengenakan berbagai kostum busana adat dan budaya. Ini menjadi simbol keberagaman Khatulistiwa.

Tumpah ruah peserta pawai memecah kemeriahan di pagi hari. Suasana terasa semarak dan berwarna.

Kegiatan pawai ini dimulai dari taman-alun-alun. Dibuka langsung Wali Kota, Edi Rusdi Kamtono. Yang ditandai dengan pemukulan gendang tar. Alunan musik senandung melayu pun mengiringi acara pembukaan itu.

Selanjutnya, peserta pawai dilepas untuk berkeliling sesuai rute yang ditetapkan panitia. Mereka tak sekedar menyusuri jalan.

Tetapi kekompakan, kerapian dan kratifitas busana yang dikenakan akan dinilai. Kelompok terbaik akan diberi hadiah. Selain itu, ada juga lomba syair.

Wali Kota Edi, mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengkitui pawai ta'aruf ini. Ia bangga dengan kekompakan masyarakat. Diharapkan, persatuan terus dirajut. Agar Pontianak terus tumbuh dan maju.

Di kesempatan ini, tak lupa ia mengimbau masyarakat menjaga keberlangsungan lingkungan. Kemarau diperkirakan melanda dalam beberapa waktu ke depan.

Fenomena ini mesti diwaspadai. Pola hidup bersih harus dibudayakan. Dengan cara itu, ancaman penyakit di musim panas bisa dicegah.

"Kota Pontianak sudah memasuki kemarau, kita harus siap menghadapinya dengan menyimpan persediaan air bersih," pesannya.

Adapun pawai ta'aruf ini juta turut dimeriahkan dengan berbagai atraksi. Salah satunya penampilan drumband, mengiringi lantunan salawat.

"Dalam pawai ini kami siap meramaikan dan memeriahkan," ujar Awi peserta dari SMTI Pontianak.

Dan yang paling di nanti, di akhir kegiatan, dibagikan doorprize dengan beragam hadiah menarik untuk perseta yang beruntung. (greg)***

Leave a comment