Jawab Kebutuhan Pasar, Disnakertrans Kalbar Harap Pencari Kerja Asah Keterampilan

6 Mei 2024 08:52 WIB
Ilustrasi - Pencari kerja. (Net)

 

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kalbar, ajak pencari kerja menambah pengetahuan dan keterampilan melalui lembaga pelatihan terakreditasi. 

Tujuanya, agar mereka punya daya saing, dan dapat memenuhi kebutuhan pasar saat ini. Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja dan Produktivitas Disnakertans Kalbar, Rini Yuliasti menyebut, lowongan kerja di Kalbar banyak. Hanya saja SDM yang ada harus menyesuaikan kebutuhan pasar. 

"Kita pernah melaksanakan job fair secara virtual. Memang grade yang dibutuhkan perusahaan tinggi. Sehingga prospek kita belum dapat memenuhi apa yang diinginkan perusahaan," kata Rini Yuliasti, Senin (6/5/2024). 

Karena itu, untuk menjawab kebutuhan pasar, malam kualitas SDM Kalbar harus di-upgrade. Artinya, skill harus ditingkatkan agar bisa menyesuaikan kebutuhan pasar. 

"Kalau untuk informasi lowongan kerja sudah terbuka. Kita juga sudah punya aplikasi siap kerja untuk informasi lowongan kerja," terangnya. 

Rini mengajak pencari kerja untuk terus meningkatkan keterampilan. Jika memang di sekolah formal tidak dapat mereka peroleh, mereka dapat meningkatkan kemampuan lewat pelatihan di lembaga terakreditasi. 

"Misalnya mereka tamat SMA, mencoba bekerja tidak diterima ke sejumlah perusahaan. Harus introspeksi diri dengan mencari pengetahuan dan keterampilan di lembaga pelatihan yang sudah diakui, dan terakreditasi di Kalbar," pungkasnya.(Andi)***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment