Safari Ramadhan di Seponti, Bupati Citra Berikan Pesan Pejabat agar Jujur dan Amanah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Bupati Kayong Utara, Citra Duani gelar safari Ramadhan di Masjid Baitul Amin, Desa Seponti, Rabu (5/4/2023).

Momentum ini turut dimanfaatkan Bupati Citra menyampaikan nasehat kepada para pejabat. Pesannya satu: pejabat di semua tingkatan harus selalu jujur dan amanah.

Sebab, jujur dan amanah menjadi kunci membangun karakter masyarakat. Jika prinsip ini mampu dijalankan, maka tidak ada kekhawatiran akan terjadi penyimpangan tanggung jawab.

"Kita sebagai pelayanan masyarakat harus memperjuangan kepentingan masyarakat secara luas. Harus menjaga amanah yang telah diberikan," pesan Bupati Citra dalam pidatonya.

Misalnya, jajaran pejabat Desa Seponti telah diamanahkan bekerja membangun desa. Pembangunannya harus merata. Maka, amanah ini harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Supaya masyarakat merasakan manfaat yang besar dampak dari pembangunan.

Pesan ini pun berlaku bagi semua pejabat. Termasuk dirinya sebagai kepala daerah. Bupati Citra memastikan di bawah kepemimpinannya, percepatan pembangunan infrastruktur jalan terus dilakukaan, walau ada beberapa pihak yang belum puas.

"Mungkin kita belum bisa memuaskan semua pihak, tapi alhamdulillah, saat ini lebih dari 60 persen (infrastruktur jalan) sudah baik, dan pada tahun ini juga kita terus lanjutkan," tambahnya.

Ia berharap, pembangunan yang dilakukan didukung penuh semua pihak. Pejabat di Kecamatan dan Desa harus amanah dalam melaksanannya. Masyarakat juga diajak terut serta mengawasi. Supaya bisa saling mengingatkan.

"Infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan terus dilakukan peningkatan pada tahun ini, begitu pun di bidang kesehatan terus ditingkatkan pelayanannya," ucap Bupati Citra.

Untuk Desa Seponti sendiri, kini juga sudah di bangun fasilitas SPBU 3T. Fasilitas ini untuk memudahkan masyarakat mengakses BBM subsidi.

Di sisi lain, Desa Seponti juga terus mengembangkan potensi pertaniannya. Tanaman kopi liberika menjadi komuditas unggulan. Kini tengah dibudidayakan petani. Komuditas ini diharap jadi penunjang pertumbuhan ekonomi di desa ini.

"Untuk di bidang pendidikan bangunan-bangunan sekolah terus dilakukan perbaikan, kita juga anggarkan Umroh gratis bagi tokoh agama dan sebagainya, sehingga visi Kayong Utara sudah terpenuhi," sambung Bupati Citra.

Baginya, semua capaian percepatan pembangunan di Kecamatan Seponti, tidak terlepas dari partisipasi seluruh masyarakat yang tinggi, dalam mendukung program-program pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya bangga dengan partisipasi masyarakat Seponti, untuk keberhasilan dalam mencapai percepatan pembangunan di Kayong Utara," ucapnya.

Safari Ramadhan Bupati Citra kali ini pun turut didampingi ketua TP PKK Kayong Utara, Yayuk. Juga diikuti anggota DPRD Kayong Utara, Camat, Kepala OPD, Kepala Kemenag, hingga Ketua Baznas Kayong Utara. Masyarakat setempat pun antusias menyambut rombongan Bupati Citra.***

Leave a comment