Arif Joni: Lomba Baca Kitab Kuning VI PKS Kalimantan Barat Diikuti Santri dari Berbagai Kabupaten

1 Desember 2022 17:51 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua DPW PKS Kalimantan Barat, Arif Joni mengatakan seleksi lomba baca Kitab Kuning VI PKS Kalimantan Barat, akan diikuti santri dari berbagai kabupaten di Kalbar, dan digelar pada Sabtu hingga Minggu, 3 - 4 Desember 2022.

Tahun 2022, ada 37 peserta santri dari berbagai kabupaten/kota yang berkompetisi di tingkat provinsi Kalimantan Barat.

Mereka yang mengikuti lomba baca Kitab Kuning VI PKS Kalmantan Barat, para santri dan alumni pesantren dengan rentang usia 17 - 25 tahun.

Baca Juga: 3 Pemain Kunci yang Bisa Selamatkan Jerman Mendapat Tiket 16 Besar di Piala Dunia 2022 Qatar 

"Alhamdulillah tiap tahun ada pertambahan peserta dari Kalimantan Barat," kata Arif Joni, Ketua DPW PKS Kalimantan Barat.

Lomba baca Kitab Kuning VI diselenggarakan secara nasional oleh Fraksi PKS DPR RI. Lomba diawali dengan seleksi peserta di setiap propinsi oleh Fraksi PKS DPRD setempat.

Secara nasional lomba Baca Kitab Kuning sudah masuk tahun ke 6. Namun, untuk tingkat provinsi Kalimantan Barat, baru masuk penyelenggaraan lomba yang ketiga.

Terkait lomba ini, Rusdiansyah selaku Ketua Panitia menjelaskan, "Lomba ini merupakan bagian dari peringatan Hari Santri. PKS ingin mengapresiasi perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang sebagian besarnya berlatar pesantren, termasuk mengapresiasi tradisi keilmuan yang ada di pesantren seperti tradisi membaca Kitab Kuning."

Pada kesempatan rapat teknis pelaksanaan lomba bersama seluruh peserta (1/12/2022), KH Alfan Hadi yang merupakan Ketua Dewan Juri menjelaskan bahwa lomba ini bukan sekadar menilai kemampuan membaca Kitab Kuning, namun juga menilai adab para peserta.

"Jadi, tadi sudah disampaikan kepada peserta, bahwa saat mengikuti lomba ini niatkan mempelajari Kitab Kuning, sehingga menang ataupun kalah tetap dapat pahala," jelas KH Alfan Hadi.

Baca Juga: DOWNLOAD dan NONTON Revenge of Others Episode 8: Temukan Titik Terang Pembunuh Park Won Seok?

Salah satu yang dinilai juga aspek adab peserta. Sebab, adab lebih utama dari ilmu. "Semoga lomba yang diadakan oleh PKS ini, bisa berkontribusi dalam melahirkan generasi muda Indonesia yang beradab," kata KH Alfan Hadi.

Peserta dengan nilai tertinggi pada seleksi lomba di Kalimantan Barat, akan masuk sebagai finalis di tingkat nasional yang akan dilombakan secara langsung di Fraksi PKS DPR RI Jakarta pada 19 Desember 2022.

Namun, PKS Kalimantan Barat juga memberikan hadiah kepada 5 peserta terbaik. Dalam seleksi ini, selain mencari peserta dengan nilai tertinggi untuk mewakili Kalimantan Barat di tingkat nasional.

"Kami juga akan memberikan apresiasi terhadap 5 peserta tertinggi. Mereka akan mendapatkan hadiah dari DPW PKS Kalimantan Barat sebagai Juara 1, Juara 2, Juara 3, Harapan 1 dan Harapan 2," kata Ketua DPW PKS Kalimantan Barat, Arif Joni.***

Tags :

Leave a comment