PLN Goes to School ke SMKN 1 Teluk Keramat Sambas, Edukasi Siswa Mengenal Transformasi Kelistrikan

18 Mei 2024 14:22 WIB
Foto bersama PLN ULP Sekura dengan Dewan Guru dan siswa SMK Negeri 1 Teluk Keramat Sambas. (Dok PLN)

SAMBAS, insidepontianak.com – PLN Kalbar kembali gelar Goes to School. Kali ini, kegiatan tersebut menyasar ke SMK Negeri 1 Teluk Keramat, Sambas.

Prgoram edukasi kelistrikan di sekolah ini, digelar pada Selasa 14 Mei 2024. Siswa pun atusias mengikuti sosialisasi yang disampaikan petugas PLN.

General Manager PLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania mengatakan, program Goes to School, bertujuan memberikan pengetahuan kepada anak-anak sekolah tentang kelistrikan berikut transformasi pelayanannya.

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin generasi muda mengenal aset-aset kelistrikan dan menghindari aktivitas atau keadaan kelistrikan yang berpotensi bahaya,” katanya.

Menurutnya, beberapa kebiasaan yang dapat memicu potensi bahaya kelistrikan seperti penggunaan stop kontak yang menumpuk berada di lokasi yang basah dan ada aliran listrik dan penggunaan kabel yang terkelupas.

“Hal-hal inilah yang kita edukasi, agar anak-anak mud ini bisa lebih memahami, dan mencegah bahaya akibat penggunakan listrik yang sembarangan,” tuturnya.

Di sampain itu, program Goes to School juga sekaligus mempromosikan pelayanan kelistrikan yang lebih mudah dan nyaman, melalui aplikasi PLN Mobile.

Fitur-fitur di PLN Mobile, dijamin memudahkan pelanggan dalam mengakses berbagai layanan kelistrikan dengan cepat dan praktis.

“Seperti pengajuan pasang baru dan tambah daya, laporan gangguan, bayar tagihan dan juga termasuk informasi lokasi SPKLU untuk pengguna kendaraan listrik,” jelasnya.

Semua layanan ini tersedia di PLN Mobile. Hanya dengan satu genggaman, masyarakat bisa mengakses pelayanan kelistrikan tanpa dibatasi ruang dan waktu.

“Ini adalah wujud transformasi PLN memberikan pelayanan cepat dan berkualitas,” jelas Joice.

Kepala Sekolah SMKN 1 Teluk Keramat Mulyadi mengapresiasi program Goes to School yang diinisiasi PLN. Baginya, program ini sangat bermanfaat. Karena mengedukasi siswa dalam penggunaan listrik yang tepat dan aman.

“Terima kasih atas kedatangan tim PLN di SMKN 1 Teluk Keramat, semoga banyak manfaat yang didapatkan oleh siswa melalui kegiatan ini,” ucap Mulyadi.

Ia pun berpesan kepada seluruh siswa untuk meneruskan informasi yang didapat dari PLN kepada masyarakat luas. Di sisi lain, diyakini, pengetahun ini juga sangat berguna bagi siswa jika ingin melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi (IT) PLN.

"Melalui program ini kami juga jadi mengenal kampus IT PLN. Kami akan menyampaikan informasi kepada seluruh siswa yang berminat di bidang kelistrikan untuk bisa melanjutkan pendidikan di IT PLN,” ucapnya.

“Semoga suatu saat nanti banyak dari siswa kami yang bergabung menjadi karyawan PLN," harap Mulyadi.***


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment