Pemerintah Perkirakan Tak Ada Perbedaan Tanggal Hari Raya Idul Fitri

17 Maret 2024 04:48 WIB
Kemenko PMK menggelar rapat koordinasi lintas sektor persiapan Idul Fitri 1445 hijriah dan arus mudik Lebaran 2024. (kemenkopmk.go.id)

JAKARTA, insidepontianak.com – Pemerintah perkirakan, perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tidak ada perbedaan tanggal, walau kepastiannya tetap harus menunggu hasil sidang Isbat.  

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito, saat rapat koordinasi persiapan Idul Fitri 1445 Hijriah dan arus mudik Lebaran, Jumat (15/3/2024).

"Perayaan Idul Fitri sepertinya tidak terjadi perbedaan, meskipun tetap harus menunggu hasil sidang isbat di akhir Ramadan nanti," kata Warsito dikutip dari laman PMJ News, Sabtu (16/3/2024).

Ia pun menjamin, pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk mendukung pelaksanaan Idul Fitri dan mudik Lebaran agar berjalan lancar.

"Sesuai arahan Presiden, kita harus menyiapkan dengan baik pelaksanaan Idul Fitri dan arus mudik tahun 2024 ini," ucapnya.

Ia menyampaikan, setidaknya ada tiga hal utama yang harus diantisipasi menjelang Lebaran. Mulai dari ketersediaan bahan pokok dan kesiapan insfrastuktur jalan.

"Tiga hal yaitu jaminan beribadah dengan khusyuk, ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok, serta kesiapan infrastruktur jalan dan moda transportasi," terangnya.***

Leave a comment