Bupati Satono Bertekad Jadikan Kabupaten Sambas Terunggul di Kalbar

6 Mei 2024 14:06 WIB
Bupati Sambas, Satono. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas, Satono bertekad menjadikan Kabupaten Sambas terunggul di Kalbar.

Menurutnya, cita-cita itu sangat terbuka. Pasalnya, Sambas memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang cukup banyak. Ini merupakan modal besar untuk menjadikan Sambas Berkemajuan.

“Sambas adalah kabupaten tertua di Kalbar, punya potensi SDM dan SDA luar biasa, bisa menjadi kekuatan untuk menjadi daerah unggul di Kalbar," kata Bupati Satono, Senin (6/5/2024).

Bupati Satono mengatakan, di era 1980-an, putra-putri terbaik di Kabupaten Sambas bisa mendapatkan posisi strategis dalam pemerintahan provinsi maupun internasional, namun dalam dekade terakhir sudah tergeser.

Baginya, pergeseran ini menjadi catatan penting bagi Pemerintah Kabupaten Sambas untuk menggali dan meningkatkan potensi tersebut.

“Peluang potensi tersebut masih bisa kita kembalikan, selama kita bisa menyatukan prespsi dan pandangan untuk membangun sinergi untuk menjemput hal-hal seperti itu,” katanya.

Ia juga menyebutkan, banyak prestasi yang sudah diraih untuk menjadikan Kabupaten Sambas terunggul di Kalbar.

Terutama IPM Sambas kini sudah rangking 1 dari 12 kabupaten/kota di Kalbar. Selain itu, desa yang ada di Kabupaten Sambas, sudah tidak ada yang tertinggal.

“Ada 168 desa membangun dari 195 desa, tidak ada desa tertinggal, yang ada desa maju dan mandiri, tinggal 27 desa lagi,” ujarnya.

Ia pun optimis, paling lama dua tahun lagi, seluruh desa di Kabupaten Sambas berstatus desa maju dan mandiri.

“Akan kita selesaikan semua di tahun 2027, maka Sambas akan menjadi kabupaten terunggul di Kalbar, karena semua desa sudah berstatus mandiri,” ucapnya optimis. (Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment