Rektor Untan Pastikan Sanksi Tegas Pihak yang Terlibat Kasus Joki Nilai Mahasiswa Bodong S-2 Fisip

18 April 2024 13:39 WIB
Rektor Untan, Garuda Wiko. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Garuda Wiko memastikan, tim investigasi akan bekerja serius mengungkap kasus dugaan oknum dosen jadi joki manipulasi nilai di kampus Magister Fisip, untuk seorang mahasiswa.

Ia memastikan, sanksi tegas akan diberikan sesuai aturan jika memang ditemukan pegawai dan dosen yang melakukan pelanggaran.

Garuda mengaku prihatin terhadap dugaan kasus mahasiswa 'bodong' tersebut. Ia mengaku telah bersurat ke Dekan FISIP agar menaganai persoalan itu secara serius.

"Dekan FISIP telah menindaklanjuti dengan melakukan rapat senat untuk membentuk tim investasi," kata Garuda Wiko, Kamis (18/4/2024).

Karena sudah dibentuk tim, Garuda memberikan waktu kepada tim investigasi tingkat Fakultas untuk bekerja mengungkap isu tersebut, dan menyampaikan sesegara mungkin laporan hasil temuannya.

"Kalau ditanya kapan (red, hasilnya)? Kita berharap segera,” ujarnya.

“Tapi kita juga memberi kesempatan kepada tim investigasi universitas, untuk menyusun kronologis dan fakta-fakta yang terkait dengan dugaan ini," sambungnya.

Garuda memastikan, nantinya bakal ada pemeriksaan dokumen dan pemanggilan para pihak, yang dibutuhkan keterangannya untuk mengungkap skandal dugaan kejahatan akademik tersebut.

Jika memang terbukti ada pelanggaran maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas seusuai aturan kode etik pegawai dan dosen.

"Yang jelas kami bekerja serius untuk menjelaskan duduk perkara ini," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment