Gempa Kapuas Hulu Terjadi Lagi, BMKG Minta Warga Tetap Siaga

26 Maret 2024 16:17 WIB
Ilustrasi gempa/https://www.istockphoto.com/id

KAPUAS HULU, Insidepontianak.com - Meski tak menimbulkan kerusakan berarti, namun gempa Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang terjadi Senin malam pukul 18.45 WIB membuat warga setempat terkejut hingga berlarian ke luar rumah. 

Dalam video yang beredar di media sosial dengan tagar gempa Kapuas Hulu, tampak sejumlah orang berlarian tergesa-gesa hingga berteriak. Terlihat kepanikan di raut wajah mereka.

Dari unggahan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis gempa Kapuas Hulu bermagnitudo 4,3 pada 25 Maret 2024, di lokasi 1,14 LU,113,00 BT (34 km di barat laut Kapuas Hulu) dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa Kapuas Hulu ternyata dirasakan warga yang bermukim di beberapa kecamatan daerah tersebut. Gempa terjadi bertepatan dengan berkumandangnya azan Isya, di Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan. 

Berdasarkan pengalaman sejumlah warga, mereka merasakan goncangan dari 5-10 detik. Sontak hal ini membuat warga langsung lari dan segera berlari dari rumah masing-masing. 

Dalam informasi BMKG, guncangan gempa dirasakan di Kecamatan Putussibau Selatan, Mentebah, Putussibau Utara, Bika dan beberapa kecamatan lainnya.

BMKG pun mengimbau warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya gempa susulan yang bisa kapan saja terjadi. BMKG juga meminta agar warga tidak panik dan tetap tenang.

Gempa Kapuas Hulu bukan pertama terjadi, sebelumnya terjadi guncangan gempa pada Selasa (19/3) di Desa Jelemuk dan Desa Nanga Manday Kecamatan Bika. Guncangan terjadi kurang lebih tiga kali yaitu pukul 02.00 WIB, guncangan kedua sekitar pukul 20.00 WIB dan terjadi guncangan lagi sekitar pukul 21.00 WIB. (REDAKSI)

Leave a comment