Warga Kayong Utara Gotong Royong Timbun Jalan Rusak Sukadana-Teluk Batang

11 Maret 2024 09:46 WIB
GOTONG ROYONG - Warga Kayong Utara, gotong royong timbun jalan rusak Sukadana-Teluk Batang, Minggu (11/3/2024). (Insidepontianak.com/Fauzi)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Warga Kayong Utara, akhirnya berinisiatif gotong royong timbun jalan rusak Sukadana-Teluk Batang, Minggu (10/3/2024). 

Pasalnya, kerusakan jalan poros itu sudah semakin parah. Lubang menganga di mana-mana. Bahkan, tak jarang mobil angkutan amblas saat melintas di jalan rusak itu. 

Gotong royong menambal lubang jalan diinisiasi oleh Jurnalis Kayong Utara (JKU) bersama komunitas Sahabat Truk Borneo (STB) dan Keluarga Pikup Kayong (KPK). Warga pun antusias ikut dalam kerja bakti itu.

Ketua JKU, Muhammad Fauzi mengatakan, gotong royong ini setidaknya bisa mengatasi kerusakan jalan Sukadana-Teluk Batang untuk sementara waktu, sambil menunggu pemerintah memperbaikinya secara permanen. 

"Sudah bertahun-tahun jalan ini rusak," ujarnya. 

Menurut Fauzi, perbaikan jalan poros di Kayong Utara dilakukan secara bertahap oleh Pemprov Kalbar. 

Tahun lalu, sudah Rp100 miliar anggaran dikucurkan untuk perbaikan jalan dari Sukadana sampai Teluk Batang.

"Tapi belum mampu memperbaiki secara menyeluruh kerusakan jalan," katanya. 

Fauzi mengapresiasi antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan gotong royong ini. Ia juga berterima kasih kepada warga yang telah menyumbangkan galian tanah untuk digunakan sebagai material menutup lubang jalan. 

"Terima kasih juga kepada bapak polisi  yang sudah ikut bergotong royong. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif dan amal ibadah," ucapnya.

Fauzi juga berharap Pemprov Kalbar dapat mempercepat proses lelang pembangunan jalan Sukadana-Teluk Batang. Supaya pengerjaannya bisa segera direalisasikan. 

"Sebentar lagi Ramadhan, Idul Fitri. Tentu akses jalan ini sangat vital bagi masyarakat. Kita harapkan spot-spot kerusakan parah, dapat segera dibenahi sebelum puncak arus mudik yang tak lama lagi," harapnya.

Ketua Sahabat Truk Borneo (STB) Zulfani menambahkan, kegiatan gotong-royong timbun jalan rusak itu diikuti sekitar 20 anggotanya. 

"Ini murni keikhlasan dan kesadaran kami melihat kondisi jalan Kayong Utara yang cukup memprihatinkan," katanya.  

Ia juga berharap kerusakan jalan yang ada segera dapat tertangani Pemprov Kalbar, sebelum terjadi kerusakan yang semakin parah.(fauzi).***

Leave a comment