Herzaky: Petani Milenial Dukung Pemberdayaan Desa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Petani milenial mendukung pemberdayaan desa untuk kehidupan lebih baik. Ini diungkapkan Herzaky Mahendra Putra, Juru Bicara Partai Demokrat, saat berdialog dengan perwakilan pemuda dari Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Menurutnya pilihan pemuda di sektor pertanian tentu dibarengi dengan inovasi teknologi. Ini sangat penting untuk pemberdayaan dan keberlanjutan sektor pertanian.

Ia pun mengapresiasi peserta dialog yang salah satunya mengembangkan budi daya Melon dengan memanfaatkan air pasang-surut yang ada di Punggur Kecil ini. Namun, yang perlu diperhatikan jangan sampai semangat bertani yang akan hilang setelah panen karena hasilnya yang tidak maksimal dipasarkan.

“Di era internet saat ini sudah banyak informasi yang bisa langsung didapat untuk pengembangan sektor pertanian. Terutama kalau kita berbicara pascapanen dimana sering kali kendala yang dihadapi itu adalah bagaimana menjual hasil pertanian tersebut,” kata putra asli Kalbar ini.

Karena itu, lanjutnya, selain pengetahuan dan keterampilan di bidang pertanian, para pemuda perlu juga literasi digital untuk mendukung promosi sekaligus pemasaran dengan memanfaatkan internet.

“Nanti kita upayakan agar program di pusat bisa menyentuh para petani milenial agar akrab dengan internet terutama media sosial dan marketplace digital sehingga tidak perlu lagi kebingungan dalam memasarkan produk,” pungkasnya.

Ia optimis petani milenial bisa berhasil dalam memajukan desa dan daerah dlam skala lebih luas lagi.

"Petani milenial tentu akan berkontribusi terhadap pembedayaan desa. Semua bermua dari desa dan nantinya bisa kembai ke desa," ucapnya. (TIM)

Leave a comment