Lampion Raksasa Klenteng Tri Dharma Hian Thian Siang Tie Sungai Kakap Meriahkan Perayaan Imlek

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Perayaan Tahun Baru Imlek 2575 di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, tetap berlangsung meriah di tengah hiruk pikuk menjelang Pemilu.

Sebanyak 2.300 lampion, sudah terpasang menghiasi jalan raya di pintu masuk sekitar Klenteng Tri Dharma Hian Thian Siang Tie sejak sepekan lalu.

Klenteng itu, merupakan kelenteng tertua di Kecamatan Sungai Kakap. Tak hanya lampion berukuran kecil, mereka juga memasang dua lampion raksasa.

Pengurus Klenteng Tri Dharma Hian Thian Siang Tie, Ipheng mengatakan, pernak-pernik itu sengaja dipersiapkan untuk menambah suasana kemeriahan perayaan Imlek 2575 Kongzili yang jatuh pada, Sabtu (10/2/2024)

"Ada 2.300 lampion yang dipasang dari depan pintu masuk, dan dua lampion berukuran besar. Diameternya mencapai 6 meter dengan ketinggian empat meter,” kata Ipheng, Jumat (9/2/2024).

"Jadi lebih besar dibanding tahun lalu," timpalnya.

Menurutnya, pembuatan dua lampion raksasa itu, dibutuhkan waktu lama. Apalagi cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat.

Ipheng, berharap imlek tahun ini sebagai sarana perekat kebersamaan antar-etnis masyarakat menjelang pesta demokrasi 14 Februari 2024.

"Kita juga menghormati aturan pemerintah yang tahun ini melarang adanya arak-arakan naga dan barongsai," ucapnua.

Namun, atraksi barongsai khusus di Kecamatan Sungai Kakap, dipastikan Ipheng tetap akan dilaksanakan. Tapi kegiatannya hanya boleh di sekitar area klenteng saja.(andi)***

Leave a comment