Wan Is Daftar Wakil Wali Kota Pontianak di PDIP dan Gerindra

30 April 2024 20:47 WIB
Anggota DPRD Kalbar, Ishak Ali Almuthahar daftar Bakal Calon Wakil Wali Kota ke PAN Kota Pontianak, Senin (30/4/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalbar, Ishak Ali Almuthahar atau karib dipanggil Wan Is juga meramaikan bursa Pilwako Pontianak 2024. 

Peraih suara terbanyak di Pileg 2024, DPRD Kalbar dapil Kota Pontianak ini sudah mendaftar ke sejumlah partai. Salah satunya ke PAN. 

Wan Is mengatakan, ia mendaftar sebagai bakal calon wali kota, atas dorongan masyarakat. Sebab, di internal Gerinda sudah ada calon wali kotanya. 

"Maka saya mendaftar sebagai wakil wali kota Pontianak," kata Wan Is, ditemui Insidepontianak.com di Sekretariat DPC PAN Kota Pontianak, Selasa (30/4/2024). 

Ia mengaku sudah mendaftar di dua partai. Yakni PDI Perjuangan dan PAN, dan akan mendaftar ke partai lain yang membuka penjaringan, termasuk di Gerindra, tempatnya bernaung.

Ia masih merahasiakan siapa sosok wali kota yang akan ia ajak berkoalisi di Pilwako. Yang jelas, Wakil Ketua DPD Gerindra Kalbar itu memastikan, jika diberikan amanah akan berkomitmen membangun Kota Pontianak yang lebih baik. 

Utamaya bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan investasi. 

Menurutnya, hal tersebut menjadi penting karena Kota Pontianak adalah kota jasa dan perdagangan. 

Wan Is memastikan, siap mundur dari Anggota DPRD Provinsi Kalbar jika mendapat tiket belanga dalam kontestasi Pilwako Pontianak.

Sementara itu, Ketua DPC PAN Kota Pontianak, Alwi Almuthahar menyebut sudah 16 tokoh calon kepala daerah, yang mendaftar di partainya. 

"Kader kita ada dua orang yang daftar. Yakni Pak Zulfydar dan Lutfi," terang Alwi Almuthahar, Senin (30/4/2024) . 

Alwi mengatakan, tak ada kriteria khusus yang ditentukan PAN dalam penjaringan kepala darah. Yang jelas, dapat bekerja sama membangun kota Pontianak.

"Mekanisme pendaftaran dimulai dengan pengembalian formulir, ada interview menanyakan koalisi ke depan dan mendengar visi misi membangun Kota Pontianak," terangnya.

Alwi memastikan, nama-nama tokoh yang sudah mengembalikan berkas nantinya akan diserahkan ke DPW untuk diproses.

Untuk diketahui, hasil Pileg14 Februari 2024, PAN meraih dua kursi di DPRD Kota Pontianak. Karena itu, mereka dipastikan harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung calon kepala daerah. (Andi)***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment