Pondok Pengkang Peniti: Restoran Melayu yang Jadi Icon Wisata Daerah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pondok Pengkang Jalan Raya Peniti, Peniti Luar, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Pondok Pengkang ini tak hanya menyajikan pengkang tapi juga menu khas tradisional Melayu dari ikan, seafood hingga sayuran khas lainnya.

Masakan Melayu sudah terkenal dengan keanekaragaman menu dengan rasa unik dan khas local yang menggambarkan citarasa gurih, asam dan pedas.

Etnis Melayu sangat mendominasi di Kalbar dan sejumlah daerah lain di Indonesia, tak heran jika kuliner Melayu gampang diterima.

Biasanya, para pelancong senagaj dating ke Pondok Pengkang untuk mencicipi citarasa langsung pengkang dan membawanya untuk oleh-oleh.

Fakta manarik dari Pondok Pengkang adalah sudah berdiri sejak era penjajahan. Mengutip mempawahtourism.com, usaha ini berdiri sejak tahun 1934 yang didirikan oleh almarhum Abdurrahman Ismail. Kala itu, ia dibantu sang Istri.

Tahun itu, masih masa penjajahan Belanda. Pasangan ini telah menggeluti usaha ini meski kondisi saat itu tidak pasti. Namun, lambat laun usaha ini berkembang warung kecil tersebut mulai berkembang.

Saat ini, Pondok Pengkang sudah jadi restoran besar yang masih mengusung kuliner tradisional, tepatnya masakan Melayu. Usaha ini merupakan usaha yang telah lama dilakukan dan diwariskan secara turun temurun lho.

Rumah makan Pondok Pengkang cukup populer di kalangan pelancong di Kalimantan Barat. Apalagi, dengan menu andalan berupa Pengkang.

Pengkang adalah sejenis lempar yang terbuat dari beras ketan yang didalamnya di isi udang ebi dan di bungkus daun pisang berbentuk segitiga cara memasaknya di kukus setengah masak.

Pengkang setengah matang ini kemudian dibakar di bara api dengan tempurung kelapa sebagai bahan bakarnya.

Penggunaan tempurung kelapa, diyakini memberi aroma khusus dan khas pada pengkang tersebut. Kebetulan di Kabupaten Mempawah banyak terdapat kelapa, terutama di daerah Peniti sebagai daerah penghasil kelapa.

Untuk menambah rasa si Pengkang, biasanya dimakan dengan cocolan sambal kepah yang juga menjadi ciri khas warung makan ini.Ini yang makin menambah nikmat citarasa pengkang ini.

Ulasan pun cukup bagus dimana banyak yang merekomendasikan Pondok Pengkang sebabgagi tempat makan dan berwisata kuliner dan sejarah. Semoga bermanfaat. (REDAKSI)

Leave a comment