Gimik di Debat Cawapres, Gibran Tunduk-tunduk Cari Jawaban Soal Inflasi Hijau, Prof Mahfud Anggap Recehan: Tak Perlu Dijawab!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Cawapres nomor urut 3, Prof Mahfud MD menyebut pertanyaan Cawapres nomor urut 3 Gibran Rakabuming Raka soal inflasi hijau recehan, dan tak layak dijawab.

Momen tersebut tersaji saat debat Cawapres bertajuk: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa, Minggu (21/1/2024) malam.

Semula, Gibran mempertanyakan inflasi hijau kepada Prof Mahfud saat debat segmen keempat. Mankopolhukam itu, awalnya menjawab pertanyaan Gibran.

Jawaban Prof Mahfud soal inflasi hijau itu dikaitkan dengan ekonomi hijau. Sebagai orang madura, Prof Mahfud mengaku bangga karena orang madura menjadi pelopor ekonomi sirkular.

Di mana orang-orang madura telah lebih dahulu memunguti sampah-sampah plastik untuk diolah. Namun, jawaban Prof Mahfud itu dinilai Gibran tak sesuai dengan pertanyaannya.

Lalu, putra sulung Presiden Joko Widodo itu membuat gerakan menunduk-nunduk, seperti orang mencari sesuatu. Penonton yang hadir di arena debat itu kontan dibuat bingung.

Ternyata, Wali Kota Solo melakukan 'gimik' bermaksud mencari jawaban dari pertanyaannya yang dianggap tak dijawab oleh Prof Mahfud.

"Saya lagi cari jawaban Prof Mahfud, saya cari-cari di mana jawabannya," ujar Gibran.

Sontak, penonton dibuat heboh oleh gimik Cawapres Prabowo tersebut. Menurut Gibran, ia hanya bertanya soal inflasi hijau. Tapi, jawaban Prof Mahfud dinilai tak menjawab sama sekali.

Ia lalu menjelaskan inflasi hijau kaitannya dengan demo rompi kuning di Prancis yang memakan korban. Ia tak ingin kejadian serupa terjadi di Indonesia. Karena itu, harus diantisipasi.

"Karenanya transisi ekonomi hijau harus hati-hati," ujar Gibran.

Kontan, Prof Mahfud terlihat kesal. Ia lalu membalas apa yang dilakukan Gibran, di sesi saat moderator memberikan waktu untuk menanggapi pernyataan Gibran.

"Saya ingin mencari juga tuh, jawaban ngawur juga ngarang-ngarang, mengaitkan yang tidak ada," kata Prof Mahfud yang diawali dengan gimik melihat-lihat ke atas.

Prof Mahfud MD menganggap, pertanyaan Gibran itu recehan.

"Secara akademis tidak layak dijawab," ujarnya.

Prof Mahfud pun mengembalikan forum debat itu ke moderator, padahal masih tersisa waktu cukup banyak untuk memberikan tanggapan atas pertanyaan Gibran.

"Saya kembalikan, gak ada gunanya menjawab," tutupnya.(andi)***

Leave a comment