Resep Ikan Patin Bumbu Kuning yang Hits di Kota Pontianak: Anti Bau Lumpur!'

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kuliner Kota Pontianak sangat beragam, dari mulai Pacri Nanas hingga ikan patin bumbu kuning yang cukup terkenal di kota ini.

Resep Ikan Patin Bumbu Kuning susah-susah gampang karena ikan patin adalah ikan air tawar yang berbau lumpur sehingga harus pintar-pintar memasaknya agar tidak berbau.

Yuk kita buat Resep Ikan Patin Bumbu Kuning yang baik dan benar, berikut cara memasak dan bumbu-bumbu apa saja yang pas untuk masakan khas Kota Pontianak dan sejumlah daerah di Indonesia ini.

Tips Resep Ikan Patin Bumbu Kuning Sedap dan Bebas Bau Lumpur

Umumnya bau lumpur atau bau tanah seringkali melekat pada masakan ikan air tawar seperti ikan mujahir, ikan mas, ikan nila, dan lainnya. Pada ikan patin, tekstur berlendir juga sering membuat para pemasak ragu mengolahnya.

Agar ikan patin bumbu kuning ini terasa segar, bebas bau lumpur, dan lendir, yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

Banyak yang menyarankan untuk membeli ikan air tawar dalam hidup. Sesudahnya ikan dibiarkan selama 2-3 jam di dalam ember berisi air bersih.

Fungsinya untuk meminimalis bau tanah pada ikan. Sesudahnya ikan siap diolah.

Gosok seluruh bagian badan ikan hingga ke dalam rongga perut dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 20-30 menit, lalu cuci bersih. Proses ini membantu mengurangi lendir dan memberi aroma segar pada ikan.

Karena ikan sebelumnya sudah dilumuri dengan garam, sebaiknya koreksi rasa terlebih dahulu.

Goreng ikan patin terlebih dahulu sebelum dimasak bersama bumbu kuning untuk membuat ikan lebih ‘kokoh’ dan tidak mudah hancur saat dimasak bersama bumbu.

Selain daun kemangi, bisa juga menambahkan bahan aromatik lain untuk menambah rasa segar. Misalnya irisan kecombrang atau daun ketumbar.

Bahan aromatik dapat menambah kesegaran pada masakan, terutama pada bahan-bahan yang memiliki aroma khas seperti ikan air tawar.

Untuk menambah rasa sedap dan gurih pada kuah kuning, jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam ke dalam racikan bumbu ikan patin.

Nah, lalu siapkan bahan-bahan resep ikan patin bumbu kuning ini! Untuk ide resep ikan air tawar lainnya, coba juga resep pepes ikan nila, pepes ikan mas, gurame bakar, atau pesmol ikan nila.

Bahan
4 Porsi
700 g ikan patin, potong 4 bagian
2 sdm air jeruk nipis
½ sdm garam
4 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
700 ml air
65 ml santan instan
10 buah cabai rawit merah utuh
1 sdt Royco Kaldu Ayam
2 buah tomat, potong 4 bagian
15 tangkai kemangi, petiki daunnya
Minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus:

10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
4 cm kunyit
1 sdm ketumbar
½ sdt merica putih

Cara membuat

  1. Lumuri ikan patin dengan air asam dan garam sambil digosok hingga ke bagian rongga perut. Diamkan dalam kulkas selama 20-30 menit atau hingga meresap. Cuci bersih.
  2. Panaskan minyak, goreng ikan hingga permukaannya garing. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

3.Panaskan 2 sdm minyak sisa menggoreng ikan, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, lengkuas, daun salam, dan serai hingga harum.

4.Tuang air dan santan, masak hingga mendidih. Masukkan ikan, cabai rawit, dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga bumbu meresap.

5.Tambahkan tomat dan daun kemangi, aduk hingga layu. Angkat dan sajikan.

Cukup mudah bukan. Selamat berkreasi bunda di rumah. (REDAKSI)

Leave a comment