Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Dunia, dari Menginap di Kuburan hingga Lempar Sofa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ada banyak cara orang merayakan Tahun Baru, sebut saja dengan meniup terompet, pesta kembang api, dan sebagainya. Selain yang mainstream, ternyata ada juga tradisi unik yang tercipta.

Tidak sekadar unik, ada juga tradisi merayakan Tahun Baru yang mengarah ke aktivitas ekstrem. Misalnya, menginap di kuburan saat pergantian tahun.

Ada juga bakar-bakaran saat malam Tahun Baru, tapi bukan makanan, melainkan membakar orang-orangan sawah. Tradisi unik ini tentunya bukan di Indonesia.

Namun, yang jelas, masing-masing tradisi ini memiliki makna tersendiri bagi pelakunya. Dan, disebut tradisi karena memang udah berlangsung berulang-ulang.

Melansir traveloka.com, Selasa (26/12/2023), berikut tradisi unik merayakan malam Tahun Baru di berbagai belahan dunia:

  1. Menginap di Kuburan, Chile

Awal mula kebiasaan ini adalah ketika ada satu keluarga yang menerobos ke pemakaman pada saat malam Tahun Baru. Mereka ingin menginap bersama dengan anggota keluarganya yang telah meninggal.

Berawal dari hal ini, warga Chile mulai membiasakan untuk menginap di kuburan orang terkasihnya pada saat malam Tahun Baru. Dan, hal ini sudah dilegalkan oleh pemerintah setempat.

  1. Membakar Orang-Orangan Sawah, Ekuador

Pada saat tengah malam pergantian tahun, warga Ekuador akan membakar orang-orangan sawah dan beberapa foto dari tahun sebelumnya.

Pembakaran ini dimaksudkan agar mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru ini. Warga Ekuador biasanya akan membakar orang-orangan sawah di lapangan terbuka sambil bersuka cita bersama-sama.

  1. Berjalan-jalan dengan Koper Kosong, Kolombia

Di Kolombia ada sebuah tradisi unik dalam menyambut tahun baru yaitu berjalan-jalan di sekitar rumah sambil membawa koper.

Orang Kolombia percaya tradisi ini bisa membawa kebaikan di Tahun Baru. Selain itu, hal ini sebagai lambang akan ada perjalanan menyenangkan di Tahun Baru mendatang.

  1. Meramal dengan Lelehan Timah, Finlandia

Warga Finlandia percaya lelehan timah bisa meramal kejadian besar di Tahun Baru pada dirinya. Untuk melelehkan timah, warga Finlandia menggunakan baskom air.

Setelah cair akan ditunggu beberapa saat sampai membentuk sebuah gambar. Jika gambarnya hati atau cincin artinya pernikahan, jika gambar kapal artinya perjalanan jauh.

  1. Melempar Piring atau Gelas Ke Pintu Rumah, Denmark

Pada saat malam Tahun Baru orang-orang di Denmark akan berkeliling sambil membawa piring yang sudah tidak terpakai. Piring ini nantinya akan dilemparkan sampai pecah di depan pintu rumah kerabat atau temannya.

Orang Denmark percaya, semakin banyak piring pecah di depan pintunya pada saat Tahun Baru itu artinya dia mempunyai banyak teman.

  1. Melempar Sofa Keluar Jendela, Afrika Selatan

Cara merayakan Tahun Baru di berbagai dunia ada juga yang cukup ekstrem, salah satunya di Afrika Selatan. Di negara ini warganya akan melempar sofa yang sudah rusak ke luar rumah melalui jendela.

Tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih dilakukan sampai sekarang. Melempar sofa dari jendela merupakan simbol membuang semua masalah di tahun lalu dan menyambut kebahagiaan di tahun yang baru.

Demikian tradisi unik bahkan ekstrem saat merayakan Tahun Baru di beberapa negara. Semoga informasi ini bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment