Kenali 5 Cara Atasi Suara dari Speaker Iphone dan Airpod Tidak Terdengar Jelas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Umur Iphone yang dimiliki oleh pengguna kerap membuat speaker atau Airpod tidak mengeluarkan suara yang jelas. Namun, kamu bisa memperbaikinya dengan 5 cara mengatasi masalah tersebut.

Sebenarnya, speaker Iphone atau Airpod yang tidak mengeluarkan suara jernih disebabkan oleh banyak hal. Hal ini bisa dikategorikan dalam dua jenis yang mempengaruhi kualitas audio yang didengarkan tidak berfungsi normal.

Pada artikel yang akan dibahas ini, kamu tidak hanya akan mengetahui penyebab suara speaker Iphone dan Airpod. Melainkan, di pembahasan kali ini tim Insidepontianak juga menyediakan 5 cara untuk mengatasi kendalanya secara rinci.

Iphone sendiri sudah dikenal dengan speaker yang memiliki kualitas jernih. Tidak heran, produk smartphone buatan Apple ini diminati oleh kebanyakan orang untuk mengandalkan suara musik yang sedang diputar.

Tidak heran pula, sebagian orang beranggapan bahwa bila menonton film dengan ponsel Iphone tidak perlu membutuhkan sound portable. Hal inilah yang kemudian speaker Iphone mendapat acungan jempol di kalangan peminatnya.

Begitupula bila berbicara terkait Airpod, earbud nirkabel ini pun juga dikenal memiliki kualitas yang top. Banyak pelanggannya yang memberi rating cukup tinggi ketika menggunakannya untuk menikmati musik.

Namun, semua produk yang sudah cukup lama dipakai bukan berarti akan terbebas dari masalah. Nyatanya, speaker Iphone atau Airpod yang sudah berumur dai 2 tahun kerap mendapati masalah berupa suara yang tidak jelas ketika di dengarkan.

Mengatasi masalah ini, kamu tidak perlu panik. Cobalah ikuti 5 cara atasi speaker Iphone dan Airpod yang tidak mengeluarkan suara jelas sebagaimana uraian di bawah ini:

  1. Casing yang Tidak Pas.

Suara speaker yang terdengar dalam dan tidak renyah dari Iphone bisa saja disebabkan oleh pengguna yang memilih casing luar tidak pas. Hal ini akan mengakibatkan fitur bagian luar terhalangi.

Bila nyatanya hal ini terjadi padamu, kamu hanya perlu mencopot pelindung body smartphone ini. Pilihlah casing yang pas dan tidak menyumbat fitur spekarer Iphone.

  1. Speaker Kotor.

Kerap berada di luar ruangan juga dapat mengakibatkan speaker Iphone mengalami masalah. Pasalnya, debu yang berterbangan di jalanan lama-lama akan menutupi saluran speaker dan menyebabkannya sumbang.

Cara mengatasinya sangat mudah. Belilah tool kit pembersih HP, lalu kemudian bersihkan area speaker dengan teratur agar kualitas suaranya terdengar jernih kembali.

  1. Software Bug.

Sedangkan masalah suara memendam pada Airpod, bisa saja hal ini dipicu oleh gangguan software. Umumnya, sistem OS yang dipakai tidak mendapat pembaruan secara berkala.

Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi pengguna agar bisa melakukan pembaruan software secara rutin agar tidak menyebabkan fitur sambungan nirkabel mengalami masalah.

  1. Bluetooth Error.

Masih dalam masalah Airpod, suara yang terputus-putus juga disebabkan oleh sambungan Bluetooth tidak normal. Sehingga, ketika mendengarkan musing justru yang muncul suara pip atau bunyi kresek yang diremas.

Adapun cara mengatasinya cukup mudah. Matikanlah terlebih dahulu sambungan Airpod pada ponsel, setelah itu cobalah koneksikan kembali.

  1. Masalah Phone Noise Cancellation.

Kendala terakhir juga bisa disebabkan oleh fitur Phone Noise Cancellation (PNS). Fitur ini sebenarnya berfungsi agar meredam suara sekeliling ketika menggunakan Airpod, sehingga kualitas audionya lebih terasa.

Pada kesempatan lain, nyatanya PNS malah dapat mempengaruhi Airpod tidak mengeluarkan dengan jelas. Alangkah lebih baiknya kamu menonaktifkan fitur tersebut di menu 'Pengaturan' Iphone bila sudah tidak digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 cara atasi speaker Iphone dan Airpod yang mengeluarkan suara tidak jelas. (Dzikrullah) *

Leave a comment