10.469 Pekerja Rentan di Kubu Raya Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Sebanyak 10.469 pekerja rentan di Kabupaten Kubu Raya terima kartu PBJS Ketenagakerjaan.

Program ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan sosial kepada warga berpenghasilan rendah.

Adapun penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan itu dilakukan langsung oleh Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra secara simbolis.

"Kita anggarkan bantuannya untuk 10.469 orang dari beberapa unsur, dan hari ini sebanyak 300 lebih secara simbolis diserahkan untuk wilayah Kecamatan Sungai Raya," kata Muda, Kamis, (21/12/2023).

Kategori pekerja rentan yang diberikan kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya antara lain, ketua RT dan dan ketua RW sebanyak 3.947 orang.

Selanjutnya, pekerja fardhu kifayah sebanyak 492 orang, guru ngaji sebanyak 1.066 orang, penyuluh agama non PNS sebanyak 146 orang, petugas PPK dan PPS sebanyak 825 orang, kader posyandu, lansia, dan kader TB paru sebanyak 2.925 orang, dan pekerja rentan lainnya sebanyak 1.068 orang

Muda mengatakan, program bantuan ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah.

"Ini merupakan langkah dan ikhtiar kita, di Kubu Raya pendapatan daerah tidak boleh dari orang yang sakit, sehingga tidak boleh dipungut dan semua harus bebas biaya," katanya.

Lewat program ini, diharapkan masyarakat berpenghasilan rendah yang menjadi tulang punggung keluarga, juga bisa mendapatkan perlindungan kecelakaan kerja.

"Nah antisipasi ini setidaknya membantu mereka dan keluarganya jangan sampai jatuh pada jurang kemiskinan akibat kecelakaan atau lain sebagainya," tutupnya.(ayu)***

Leave a comment