Peluang Kerja ke Luar Negeri Terbuka, Disnakertran Kalbar: Daya Saing dan Etos Kerja Masih Jadi PR

5 Mei 2024 14:26 WIB
128 pencari kerja ikuti pelatihan bela negara di PKPT Disnakertrans Kalbar, Selasa (23/4/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat memastikan, peluang pasar kerja di dalam dan luar negeri sangat terbuka bagi pencari kerja. 

Hanya saja, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana daya saing, dan etos kerja pencari kerja Kalbar dapat ditingkatkan. 

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja dan Produktivitas, Rini Yuliasti mengatakan, Dinas Tenanga Kerja punya program pemagangan ke Jepang. Sejak dua tahun ini telah dilaksanakan. 

"Program pemagangan ke Jepang dua tahun ini dilaksanakan. Tahun kemarin dan tahun ini," kata Rini Yuliasti, Minggu (5/5/2024). 

Hanya saja, untuk penempatan ke luar negeri khususnya Jepang, ada sejumlah tantangan yang dihadapi. Utamanya mental, budaya kerja kita yang belum bisa menyesuaikan. 

"Budaya kerja kita ini yang belum bisa menyesuaikan dengan budaya kerja disana," katanya.

Ditambah lagi, keterampilan berbahasa Inggris. Karena itulah, pada tahun lalu, hanya lima orang yang dikirim ke Jepang. Proses seleksi pemagangan sendiri melalui seleksi dan tes.

"Tahun lalu hanya lima yang dikirim. Tahun ini buka lagi tapi kasih tahap seleksi. Kemarin, baru seleksi bahasa inggris,"terangnya. 

Di luar negeri pencari kerja harus betul-betul siap. Punya kemampuan pengetahuan, fisik yang baik. 

"Mereka tidak mau, tenaga kerja bikin repot. Semua harus siap,"pungkasnya (Andi)


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment