Mengenal Gejala Ponsel yang Tiba-Tiba Mati: Lengkap dengan 3 Trik Atasi Layar yang Error

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk menghindari kasus blank pada smartphone, cobalah ikuti 3 tips atasi layar ponsel error berikut ini.

Dengan menerapkan 3 tips atasi layar ponsel error, pengguna smartphone kemungkinan besar tidak akan menghadapi masalah screen berubah menjadi blank lagi di kemudian hari.

Pada pembahasan 3 tips atasi layar ponsel error kali ini. Tim Insidepontianak ingin menegaskan, bahwa cara-cara yang akan dibagikan tidak hanya terhindar dari kasus layar blank saja. Melainkan, smartphone yang dimiliki juga akan lebih terawat.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahuinya lebih mendetail. Harapannya, pengguna ponsel tidak mendapatkan masalah saat menavigasikan smartphone.

Tidak perlu diragukan, layar yang tiba-tiba berubah menjadi blank disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya lantaran daya yang dimiliki sudah tidak mendukung suatu aplikasi yang memiliki ruang besar.

Pada kesempatan lain, menghitamnya layar bisa saja dikarenakan masalah baterai yang ada didalamnya. Sehingga, ponsel tidak dapat bekerja dengan benar.

Paling mirisnya, errornya suatu layar dan menjadi blank, bisa saja ponsel yang dipakai disusupi oleh sebuah malware yang jahat.

Smartphone yang terkontaminasi dengan malware (virus), bisa dipastikan menyebabkan bug (macet). Oleh sebab itu, pengguna harus mewaspadainya secara teliti.

Sebelum kasus error semakin parah, ada baiknya Anda mengetahui tentang 3 tips atasi layar ponsel error, sebagaimana akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Periksa Malware.

Tindakan pertama bila menjumpai sebuah kasus layar ponsel yang menjadi blank, lebih baiknya menduga lantaran serangan malware.

Untuk mengetahuinya lebih detail, caranya cukup mudah. Pengguna ponsel harus menginstall aplikasi yang mampu untuk scan virus di dalam HP.

Pastikan aplikasi scanning malware ini diunduh di toko resmi. Misal, bagi pengguna Android download-lah di Play Store dan Apps Store untuk ponsel iOS.

Malware sendiri beragam jenisnya. Secara pasti, bila smartphone telah disusupi oleh virus layar akan menghitam dan tidak bisa dioperasikan.

  1. Perbarui Perangkat Sistem.

Bila ternyata tidak ada virus dalam ponsel, cobalah untuk memperbarui perangkat sistem yang dimiliki oleh ponsel. Perangkat yang sudah berumur tua juga bisa menjadi kendala bagi layar yang error.

Tidak hanya dalam masalah perangkat lunak saja, aplikasi yang kerap digunakan juga harus mendapatkan versi terbaru.

Untuk melakukan pembaruan perangkat lunak, pengguna bisa melakukannya di menu 'Pengaturan' HP masing-masing. Sedangkan untuk aplikasi, system update-nya bisa dilakukan pada Play Store atau App Store.

  1. Reset Ponsel.

Selanjutnya, ketika layar ponsel masih kerap alami error hal yang bisa dilakukan tidak ada lagi kecuali mereset. Sebab, bisa jadi masalah perangkat lunak yang dimiliki tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, ponsel harus dikembalikan kepada kondisi awal. Cara untuk meresetnya pun mudah, silahkan dicari "Reset Factory" di menu ponsel masing-masing.

Hal lain yang perlu diperhatikan, mereset ponsel artinya seluruh data yang pernah tersimpan akan dihapus secara permanen. Agar tidak kehilangan, pastikan Anda telah mencadangkannya terlebih dahulu.

Akan tetapi, bila ternyata layar blank tidak disebabkan hal mencurigakan pada perangkat lunak, alangkah lebih baiknya pemilik membawa ponsel ke service center resmi.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, layar yang error bisa saja dikarenakan hardware ponsel rusak. Misal, kendala pada sirkuit tenaga, baterai, layar pernah jatuh, dan lain sebagainya.

Itulah 3 tips atasi layar ponsel error yang perlu diketahui. Hal yang perlu diingat adalah jagalah smartphone dengan baik, agar performanya selalu stabil saat digunakan. (Dzikrullah) *

Leave a comment