Mengenal Merpati, Burung Lambang Kesetiaan yang Tak Pernah Ingkar Janji

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - "Merpati Tak Pernah Ingkar Janji" bukan sembarang kalimat kosong? Pernah dengar? Ya, kalimat itu memang diambil atau terinspirasi oleh karakter burung yang menjadi lambang kesetiaan.

Burung merpati memang sudah sangat lama dijadikan lambang kesetiaan. Pada 1986 "Merpati Tak Pernah Ingkar Janji" pun dirilis menjadi film dan lagu yang dipopulerkan oleh Paramitha Rusady.

Disebut tak pernah ingkar janji karena merpati adalah burung yang setia. Dijadikan lambang kesetiaan karena burung ini selalu kembali atau mencari pasangannya, di manapun pasangannya berada.

Melansir gramedia.com dan herbatani.com, Selasa (19/12/2023), dikenal sebagai simbol kesetiaan, burung merpati pun sering digunakan pada acara pernikahan.

Tidak hanya itu, pada perang dunia dahulu, burung merpati digunakan sebagai pengirim pesan atau bisa dibilang sebagai “tukang pos”.

Dipilihnya burung merpati untuk mengirim pesan karena kemampuan daya ingatnya, ia bisa menghapal sebuah rute perjalanan yang cukup jauh, sehingga tidak akan salah jalan dan akan sampai ke tempat tujuan.

Burung merpati juga mempunyai kecerdasan yang cukup baik. Ia bisa mengategorikan barang-barang yang ada di sekelilingnya dengan cermat dan tepat. Bahkan, burung merpati bisa mengenali wajah manusia.

Di Indonesia, burung merpati sangat populer, bahkan ada perlombaannya juga, seperti burung yang bisa masuk ke dalam kotak setelah dilepaskan, balapan burung merpati, dan lain-lain.

Nah, secara garis besar jenis burung merpati dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. Burung merpati balap (Homer)
    Jenis burung merpati ini berasal dari burung liar yang dikenal dengan columbian livia. Jenis burung ini dikembangkan di daerah Eropa tepatnya Belgia dan Inggris, dipelihara dan lebih dikenal sebagai merpati pos atau racing homer.

Kerena merpati ini dikembangkan dengan tujuan membantu masyarakat dalam proses pengiriman, maka yang diutamakan untuk merpati ini adalah kemampuannya terbang, kecepatan terbang dan kemampuan merpati terbang tinggi.

  1. Burung merpati hias (tumbler)
    Burung ini dikenal dengan tuimeelar bagi orang belanda dengan variasi warna bulu yang beragam. Ciri khas merpati terbang tinggi dan menukik tajam serta mampu bermanuver baik saat terbang.

Burung ini dipelihara dan dikembangkan di daerah Eropa dikarenakan kemampuan terbang dan atraksi terbang yang sangat menarik.

  1. Burung merpati Cumulet
    Burung ini dikenal sebagai nenek moyang dari merpati racing homer. Warna bulunya dominan berwarna putih dengan bintik bintik merah di kepala atau leher.
  2. Burung merpati flight
    Burung ini dikembangkan di daerah Amerika Serikat yang lebih dikenal sebagai domestic flight disana. Ciri cirinya memiliki badan yang sedang dengan kemampuan terbang tinggi dan kepala ramping berjambul.

Demikian tentang merpati, burung yang menjadi lambang kesetiaan beserta beberapa jenisnya secara umum. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment