Lakukan Penyuluhan RSUD SSMA Ajak Masyarakat Rutin Konsumsi Buah dan Sayur

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Banyak manfaat buah dan sayur bila dikonsumsi setiap hari.

Seperti menurunkan tekanan darah, memelihara kesehatan usus, memperlancar sistem pencernaan, menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas, melindungi tubuh dari penyakit diabetes, sayuran dan buah merupakan sumber berbagai vitamin, mineral dan serat pangan.

Dalam Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur setara 2 setengah gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan dan 150 gram buah setara 2-3 porsi buah setiap hari.

Hal tersebut diungkapkan Sri Fitri Sari SKM ketika memberikan penyuluhan kesehatan tentang Manfaat Sayur dan Buah Bagi Tubuh kepada 40 pasien dan pengunjung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak.

"Perbedaan konsumsi buah dan sayur ada pada kandungan, jumlah gula dan kalorinya. Buah-buahan mengandung serat, kalium dan vitamin C serta gula dan kalori yang lebih tinggi daripada sayuran. Sedangkan sayuran mengandung lebih banyak folat, zat besi, magnesium, kalsium, dan kalium daripada buah,” jelasnya.

Mengkonsumsi buah juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan sejumlah kanker.

"Sebaiknya konsumsi buah dalam keadaan segar bukan yang diolah dalam bentuk kemasan karena yang telah diolah biasanya memiliki kandungan gula yang lebih tinggi hampir 30 gram atau sama dengan 10 sendok teh gula, Hal itu dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes melitus, kanker dan penyakit generatif lainnya, " imbuhnya.

Iapun mengimbau ketika mengkonsumsi sayuran dan buah agar lebih bervariasi untuk menghindari rasa jenuh atau bosan selain itu sebaiknya buah disimpan ditempat yang mudah terlihat. ***

Leave a comment