Pj Gubernur Kalbar Puji Kemajuan Fasilitas RSUD Sekadau, Siap Jadi RS Trauma Center

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SEKADAU, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar Harisson memuji kemajuan fasilitas RSUD Kabupaten Sekadau, sehingga dinilai sudah layak menjadi RS trauma center.

Harisson menilai, fasilitas yang dimiliki RSUD Sekadau cukup mumpuni. Sudah punya alat CT scan. Juga telah memiliki 14 tenaga dokter spesialis.

“Rumah Sakit ini berada di daerah perlintasan yang padat. Jadi harus siap menjadi rumah sakit trauma center, yang sigap melayani korban kecelakaan lalu lintas di sekitar sini,” ucap Harisson usai berkeliling mengecek fasilitas yang ada di RSUD Sekadau, Senin (18/12/2023).

Ia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sekadau yang terus berupaya meningkatkan kualitas RSUD-nya, baik dari sisi peningkatan sarana dan pra sarana, maupun peningkatan mutu pelayanannya.

Penanganan kasus DBD yang dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Sekadau juga dinilai baik. Ini dilihat dari jumlah kasus rawat inap yang ada di RSUD Sekadau.

“Saya ke bangsal anak, pasien DBD anak sudah menurun, hanya satu dan ternyata dirawat di ICU. Itupun karena mengalami shock. Yang lain-lain hanya ISPA dan Pneumonia,” kata Harisson.

Di kesempatan kunjungan kerjanya di RSUD Sekadau, Harisson tak lupa meminta seluruh tenaga kesehatan untuk sigap menghadapi prediksi lonjakan Covid-19.

“Di sini (RSUD Sekadau) sudah ada ruang isolasi. Kapasitasnya 5 tempat tidur. Kemungkinan kasus (Covid-19 naik, petugas kesehatan lebih baik dan siap,” pesannya.

Sementara, untuk masyarakat, Harisso berpesan teidak perlu khawatir dengan potensi peningkatan kasus Covid-19 ini. Yang penting tetap jaga kesehatan.

“Kita kan sudah pengalaman, Covid juga sudah dianggap endemi. Di mana prosedur penanganan seperti penyakit-penyakit endemi lain,” katanya.***

Leave a comment